Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Download dan Instal iOS 17 Developer Beta di iPhone, Tak Perlu Langganan

Kompas.com - 07/06/2023, 18:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Apple baru saja mengumumkan sistem operasi terbaru iPhone, iOS 17, di ajang tahunan temu developer WWDC 2023. Tak lama setelah diumumkan, iOS 17 kini sudah bisa dijajal oleh pengguna.

Akan tetapi, iOS 17 yang sekarang sudah mulai bisa dijajal itu merupakan iOS 17 Beta versi Developer (iOS 17 Developer Beta). Perlu diketahui, sebelum merilis versi final, Apple biasanya merilis dulu dua versi iOS Beta, yaitu iOS Developer Beta dan iOS Public Beta.

Baca juga: 10 Produk yang Dirilis Apple di WWDC 2023

iOS Beta merupakan iOS yang masih dalam tahap pengembangan. iOS Beta dirilis supaya pengguna dapat melakukan uji coba dan memberikan masukan untuk membuat iOS Stable (iOS versi final untuk pengguna umum).

Saat ini, Apple telah menggelontorkan iOS 17 Developer Beta. Selanjutnya, pada Juli nanti, iOS Public Beta direncanakan bakal dirilis. Untuk iOS 17 versi final, rencananya bakal dirilis pada rentang antara September hingga November.

Dengan sudah digelontorkannya iOS 17 Developer Beta, Anda berarti kini sudah bisa ikut mencobanya. Jika ingin mencoba, pastikan dulu iPhone yang Anda pakai termasuk dalam daftar iPhone yang kebagian iOS 17, sebagaimana tertera di bawah ini.

Daftar iPhone yang kebagian iOS 17

  1. iPhone 14
  2. iPhone 14 Plus
  3. iPhone 14 Pro
  4. iPhone 14 Pro Max
  5. iPhone 13
  6. iPhone 13 mini
  7. iPhone 13 Pro
  8. iPhone 13 Pro Max
  9. iPhone 12
  10. iPhone 12 mini
  11. iPhone 12 Pro
  12. iPhone 12 Pro Max
  13. iPhone 11
  14. iPhone 11 Pro
  15. iPhone 11 Pro Max
  16. iPhone XS
  17. iPhone XS Max
  18. iPhone XR
  19. iPhone SE 2020 (iPhone SE Generasi 2)

Itulah daftar iPhone yang kebagian iOS 17. Bila telah sesuai, Anda kini bisa mulai untuk menginstal iOS 17 Beta versi Developer di iPhone. Sebagai informasi, instal iOS Beta langkahnya sedikit berbeda dengan instal iOS Stable.

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam instal iOS 17 Beta versi Developer adalah download profil konfigurasinya dulu dari Apple Developer Program. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara download iOS 17 Beta versi Developer.

Cara download iOS 17 Beta

Untuk mendapatkan iOS Developer Beta di versi-versi iOS sebelumnya, pengguna sejatinya perlu teregistrasi dulu sebagai developer dalam Apple Developer Program dan harus membayar biaya langganan sebesar 99 dollar AS (sekitar Rp 1,4 juta) per tahun.

Akan tetapi, tampaknya ketentuan itu sekarang telah berganti. Untuk download iOS 17 Developer Beta, pengguna kini tak perlu berlangganan dulu. Jadi, pengguna bisa download iOS 17 Developer Beta secara gratis.

Pada percobaan yang dilakukan KompasTekno, profil konfigurasi iOS 17 Developer Beta muncul secara otomatis di menu pengaturan iPhone dengan versi sistem operasi iOS 16.5. Lantas, bagaimana cara menginstal iOS 17 Beta?

Bila tertarik untuk mencobanya, berikut adalah penjelasan mengenai cara menginstal iOS 17 Beta versi Developer di iPhone.

Cara instal iOS 17 Beta di iPhone

  • Akses profil konfigurasi iOS 17 Beta di iPhone. Caranya buka menu pengaturan iPhone dan klik menu “Umum” atau “General”.
  • Kemudian, klik opsi “Pembaruan Perangkat” dan pilih “Pembaruan Beta”.
  • Setelah itu, pilih profil “iOS 17 Developer Beta” yang tersedia.
  • Selanjutnya, klik tombol kembali dan tunggu beberapa saat hingga profil iOS 17 Developer Beta muncul.
  • Setelah muncul, klik opsi “Unduh dan Instal”.
  • Proses pemasangan iOS 17 Beta mungkin bakal membutuhkan waktu sekitar 30 menit.
  • Selama proses pemasangan berjalan, iPhone bakal dalam kondisi memuat ulang dan sebaiknya sambungkan dengan cas untuk menghindari kehabisan daya secara tiba-tiba.
  • Tunggu hingga proses instal selesai dan iPhone berhasil masuk kembali ke layar “home” dengan memuat iOS 17 Beta.

Ilustrasi cara instal iOS 17 Beta.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara instal iOS 17 Beta.

Bila profil iOS 17 Developer Beta tak muncul di iPhone, cobalah untuk masuk dulu ke website https://developer.apple.com/ dengan Apple ID Anda. Setelah itu, tunggu beberapa saat dan cek kembali ketersediaan profil iOS 17 Developer Beta di iPhone.

Demikianlah penjelasan cara instal iOS 17 Beta. Sebagai informasi tambahan yang penting untuk dicatat, lantaran iOS Beta merupakan iOS uji coba maka iOS 17 Beta memiliki sejumlah risiko ketika diinstal. Adapun risiko instal iOS 17 Beta adalah sebagai berikut.

Baca juga: iOS 17 Sudah Bisa Dijajal Duluan Tanpa Bayar, Kok Bisa?

Risiko instal iOS 17 Beta

Seperti yang disebutkan di atas, iOS 17 Beta pada dasarnya merupakan sistem operasi yang masih dalam proses pengembangan. Anda mungkin bakal menjumpai beberapa bug saat menginstal iOS 16 beta di iPhone.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com