Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan iOS 17 Rilis? Ini Jadwalnya, Versi Developer Beta Sudah Bisa Dicoba

Kompas.com - 08/06/2023, 10:20 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Apple baru saja memperkenalkan beberapa produk baru dalam ajang tahunan temu developer WWDC 2023. Salah satunya yang dinanti-nanti sebagian besar pengguna adalah sistem operasi terbaru untuk iPhone, yaitu iOS 17.

Seperti pengumuman iOS sebelum-sebelumnya, Apple juga memamerkan sejumlah fitur baru yang diboyong di iOS 17. Misalnya, fitur iOS 17 yang cukup menarik adalah poster kontak, yang memungkinkan pengguna membuat gambar profil diri untuk menelepon.

Baca juga: 10 Fitur iOS 17 yang Bakal Hadir di iPhone, Ada Poster Kontak dan Mode StandBy

Sayangnya, di tengah kemeriahan pengumuman ini, Apple belum merilis iOS 17 untuk publik atau pengguna secara umum. Lantas, kapan iOS 17 dirilis? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah jadwal rilis iOS 17.

Jadwal rilis iOS 17

Dalam acara WWDC 2023, Apple mengumumkan pula jadwal rilis iOS 17. Seperti kebiasaan pada periode iOS terdahulu, ketersediaan iOS 17 juga bakal dilaksanakan dalam tiga tahap.

Untuk tahap yang pertama, Apple telah merilis iOS 17 Beta versi Developer (iOS 17 Developer Beta). iOS 17 Developer Beta digelontorkan pada developer untuk kepentingan uji coba dan mendapatkan masukan. iOS 17 Developer Beta sekarang sudah bisa dicoba.

Setelah iOS 17 Developer Beta dirilis, pada tahap kedua, Apple bakal menggelontorkan iOS 17 Beta lagi yang ditujukkan untuk publik atau biasa disebut iOS 17 Public Beta. iOS 17 Public Beta juga sifatnya masih dalam tahap uji coba.

iOS 17 Public Beta direncanakan bakal hadir pada Juli mendatang. Setelah melalui dua tahap uji coba, pada tahap ketiga, Apple baru merilis iOS 17 versi final (iOS 17 Stable) yang sudah stabil dan bisa dipakai untuk publik secara umum.

Baca juga: 10 Produk yang Dirilis Apple di WWDC 2023

iOS 17 versi final atau iOS 17 Stable bakal dirilis ke publik pada periode musim gugur atau sekitar antara September hingga November mendatang. Itulah jadwal rilis iOS 17.

Sementara versi finalnya masih lama dirilis, seperti yang sempat disinggung di atas, pengguna saat ini sudah bisa mencoba iOS 17 Developer Beta. Bila tertarik untuk mencoba iOS 17 Developer Beta, cara instalnya bisa dibaca di tautan ini.

Sebagai informasi, sebelum mulai untuk menginstal iOS 17 Developer Beta, terdapat risiko yang perlu diketahui dulu. iOS 17 Developer Beta merupakan sistem operasi yang masih dalam tahap uji coba, yang sejatinya ditujukan untuk developer.

Lantaran masih dalam tahap uji coba, risiko iOS 17 Developer Beta adalah pengguna kemungkinan besar bakal menjumpai beberapa gangguan atau bug ketika menggunakannya. Misalnya, beberapa fitur tidak bisa beroperasi dengan normal.

Jumlah dan intensitas bug di iOS 17 Developer Beta kemungkinan juga lebih banyak ketimbang iOS 17 Public Beta. iOS 17 Developer Beta pada dasarnya tidak dirilis untuk dipakai mengoperasikan iPhone sehari-hari.

Pengguna level developer idealnya telah mengetahui konsekuensi yang bakal didapat ketika memakai iOS 17 Developer Beta. Mereka bakal memakai iOS 17 Developer Beta sebagai bahan uji coba dan melaporkan bug untuk membantu menyempurnakan iOS 17.

Baca juga: iOS 17 Sudah Bisa Dijajal Duluan Tanpa Bayar, Kok Bisa?

Oleh karena itu, bila Anda tidak siap dengan risiko iOS 17 Developer Beta, sangat disarankan untuk tidak usah mencoba menginstal dan menggunakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com