Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga "Asli" Vision Pro Rp 22 Juta, Apple Jual Rp 52 Juta

Kompas.com - 09/06/2023, 14:01 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple memperkenalkan Vision Pro sebagai headset Augmented Reality (AR) pertama perusahaan dalam konferensi pengembang tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) pada 5 Juni lalu.

Perangkat itu dibanderol seharga 3.499 dollar AS atau setara Rp 52 juta (Rp 14.859 per 1 dollar AS, Jumat 9 Juni 2023).

Harga itu lebih dari dua kali lipat, dibanding harga produksi Vision Pro yang konon hanya 1.509 dollar AS (Rp 22,4 juta).

Harga produksi Vision Pro memang tidak diungkapkan resmi oleh Apple. Adapun bocoran harga produksi ini berasal dari pembocor gadget @Tech_Reve di Twitter dengan menggunakan analisis Bill of material (BoM) headset AR tersebut.

Baca juga: Hal Pembeda di Headset AR Apple Vision Pro yang Membuat Lebih Manusiawi

Menurut pembocor tersebut, komponen yang paling mahal dari Apple Vision Pro adalah layar yang dipasok dari Sony. Harganya adalah 700 dollar AS atau setara sekitar Rp 10,4 juta.

Biaya paling mahal kedua yaitu biaya perakitan per unitnya, seharga 130 dollar AS atau setara sekitar Rp 1,9 juta.

Chip M2 juga disebut menjadi komponen termahal ketiga dari Vision Pro, dengan harga 120 dollar AS atau setara sekitar Rp 1,7 juta.

Apple Vision Pro menawarkan kualitas 4KApple Apple Vision Pro menawarkan kualitas 4K

 

Adapun komponen lainnya yang turut diperhitungkan antara lain RAM seharga 30 dollar AS (Rp 445.000), ROM 20 dollar AS (Rp 300.000) dan lainnya. Bila ditotal, biaya produksi Vision Pro ditaksir mencapai 1.509 dollar AS.

Perlu dicatat bahwa analisis BoM di atas hanya memperhitungkan bahan dan komponen yang diperlukan untuk merakit suatu produk, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (9/6/2023).

Jadi, daftar itu tidak turut serta memperhitungkan biaya lain, termasuk biaya penelitian dan pengembangan, biaya karyawan, pengujian dan kendali mutu (quality control).

Bila aspek tersebut juga diperhitungkan, ada kemungkinan biaya produksinya lebih dari taksiran tipster tadi.

Baca juga: Komentari Apple Vision Pro, Zuckerberg: Futuristik tapi Bukan yang Saya Mau

Spesifikasi Apple Vision Pro

Apple Vision Pro hadir dengan kacamata (disebut Light Seal) yang transparan, alias mirip dengan kacamata "reguler" pada umumnya, sehingga terlihat lebih manusiawi saat digunakan.

Maksud dari manusiawi, pengguna bisa melihat kondisi asli lingkungan dan orang lain yang ada di sekitar mereka ketika mengenakan headset AR ini.

Biasanya, headset AR atau VR pada umumya memiliki bagian depan yang sepenuhnya ditutupi oleh lapisan cangkang perangkat, sehingga mata pengguna tidak akan terlihat.

Menurut Apple, kemampuan kacamata transparan ini dimungkinkan berkat fitur EyeSight. Fitur ini juga bisa menyamarkan efek transparan pada kacamata ketika pengguna sedang menikmati konten VR.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com