Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 17 Bisa Deteksi Wajah Hewan, Cari Foto Peliharaan Makin Gampang

Kompas.com - 09/06/2023, 16:01 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Apple memperkenalkan sistem operasi terbarunya, yaitu iOS 17 dalam ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023, pada Selasa (6/6/2023) dini hari waktu Indonesia.

Salah satu peningkatan yang dibawa iOS 17 adalah kemampuan aplikasi Photos mendeteksi foto wajah hewan, selain mendeteksi wajah manusia di galeri foto.

“Album People sudah lebih baik dari sebelumnya, (Photos mampu) mengenali orang-orang terdekat Anda, termasuk anjing dan kucing yang masuk ke dalam bagian keluarga,” jelas Apple.

 Baca juga: Pengguna iOS 17 Bisa Bikin Stiker Animasi Sendiri Pakai Foto

Lantas apa fungsinya?

Fitur pendeteksi foto wajah hewan ini akan berguna untuk mengorganisasi foto tertentu ke dalam satu tempat. Foto tersebut nantinya akan masuk ke dalam album "People & Pets”. Sebelumnya, nama album di galer foto tersebut hanya "People" saja.

Kemampuan mendeteksi wajah ini dinilai dapat memudahkan pengguna mencari foto hewan peliharaan dan mengetahui berapa banyak jumlah foto hewan yang dimiliki. Pengguna pun tidak perlu menggulir layar album foto secara manual dan bisa langsung membuka album "People & Pets".

Tampilan fitur baru di Photos berbasis iOS 17. Fitur tersebut memungkinkan sistem mendeteksi wajah hewan peliharaan dengan akurat walau beberapa hewan di gambar punya ciri fisik yang miripMac Rumors Tampilan fitur baru di Photos berbasis iOS 17. Fitur tersebut memungkinkan sistem mendeteksi wajah hewan peliharaan dengan akurat walau beberapa hewan di gambar punya ciri fisik yang mirip

Kendati begitu, sistem tidak dapat mendeteksi satu atau dua foto wajah hewan saja. Wajah hewan peliharaan yang sama setidaknya harus tersimpan sebanyak tiga foto di dalam Photos.

Nah, jika memiliki cukup banyak stok foto hewan yang sama di Photos, sistem akan mendeteksi wajah hewan yang serupa lalu otomatis memasukkan gambar tersebut ke album "People & Pets".

Pengguna juga dimungkinkan untuk mengganti nama album menyesuaikan nama hewan peliharaan atau mengonfirmasi sebuah foto untuk dimasukkan ke dalam album, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mac Rumors, Jumat (9/6/2023).

Di album “People & Pets”, pengguna juga dapat langsung melihat semua foto hewan peliharaan dengan cara yang lebih efisiein. Photos juga bakal memunculkan foto momen bersama hewan peliharaan secara spesifik di laman “For You”.

Baca juga: iOS 17 Beri Peringatan Jika Pengguna Terima Konten Vulgar

Peningkatan lainnya adalah kemampuan Photos mendeteksi wajah hewan peliharaan secara akurat. Photos mampu mendeteksi dua wajah hewan yang berbeda, meski kedua hewan mempunyai warna bulu yang sama.

Menurut laporan dari Mac Rumors, fitur baru di Photos itu dapat mendeteksi dua gambar kucing yang memiliki ciri fisik yang mirip. Seperti sama-sama memiliki badan berwarna putih, oranye (jingga), hingga dua kucing berjenis kelamin betina tanpa ada kesalahan.

Fitur lain yang juga ditingkatkan oleh Apple adalah fitur Visual Look Up. Fitur tersebut memungkinkan pengguna membaca informasi terkait hewan dari gambar yang dipotret dan merekomendasi spesies hewan serupa dengan lebih spesifik dibanding sebelumnya.

Bagi yang belum familier, Visual Look Up merupakan fitur yang dapat menampilkan informasi terkait gambar yang dipotret menggunakan iPhone. Informasi yang disampaikan bukan hanya data exif, melainkan informasi penting dari gambar yang dilihat.

Misal, foto kucing. Ketika memanfaatkan fitur “Look Up”, pengguna dapat membaca informasi terkait ras dan spesies kucing. Pengguna juga dapat menggulir layar ke bagian bawah untuk mencari gambar dari hewan serupa di internet.

Baca juga: iOS 17 Sudah Bisa Dijajal Duluan Tanpa Bayar, Kok Bisa?

Kendati demikian, iOS 17 masih belum dirilis secara resmi ke publik. Sistem operasi anyar ini masih dalam tahap uji coba oleh pengembang yang terdaftar di Apple Developer Program. Apple mengatakan bahwa iOS 17 versi final akan digelontorkan pada September—November 2023 nanti.

Bila Anda ingin mengetahui fitur baru lain yang dibawa oleh iOS 17, bisa baca artikel ini “10 Fitur iOS 17 yang Bakal Hadir di iPhone, Ada Poster Kontak dan Mode Standby”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com