Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengubah Video Landscape atau Potrait di CapCut

Kompas.com - 09/06/2023, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - CapCut merupakan salah satu aplikasi edit video pilihan pengguna yang memungkinkan untuk mengedit berbagai video. Meskipun sebagian pengguna sering menggunakannya untuk mengedit konten di TikTok, CapCut juga menjadi aplikasi andalan sebagian pengguna untuk kebutuhan untuk mengedit video untuk kebutuhan YouTube atau Instagram.

Tentu saat mengedit, posisi video menjadi perhatian khusus bagi editor. Posisi video dapat diubah menjadi landscape atau potrait. Posisi video inilah yang akan menentukan proses pengeditan lebih lanjut.

Beberapa pengguna terkadang menginginkan posisi potrait menjadi landscape begitu pula sebaliknya. Lantas bagaimana cara mengubah video landscape atau potrait di CapCut? Selengkapnya berikut ini langkah-langkahnya.

Baca juga: Cara Menggabungkan Dua Lagu di CapCut buat Video TikTok Menarik

Cara mengubah video landscape atau potrait di CapCut

CapCut Kompas.com/soffyaranti CapCut

  • Buka aplikasi CapCut.
  • Klik “Proyek Baru”
  • Pilih video lanskap atau potrait yang ingin Anda ubah
  • Pada menu bar bagian bawah dan geser kanan pilih “Rasio”
  • Pilih jenis rasio yang Anda inginkan
  • CapCut menyediakan rasio frame potrait dan landscape yang bisa Anda pilih
  • Anda bisa memilih rasio video yang sesuai dengan di mana Anda akan mengunggah video tersebut. Misalnya saja rasio 1:1 untuk Instagram, 9:16 untuk TikTok dan lainnya
  • Rasio YouTube umumnya berbentuk lanskap sehingga saat Anda mengedit video potrait, frame video akan otomatis berubah landscape

capcutKompas.com/soffyaranti capcut

Selain menggunakan metode rasio pengguna juga bisa mengatur posisi video landscape atau potrait dengan mengeditnya langsung dengan memposisikan video sesuai kehendak seperti contoh di atas.

Baca juga: 2 Cara Membuat Video TikTok CapCut Tanpa Watermark

Demikian cara mengubah video landscape atau potrait di CapCut. Selain itu Anda juga dapat menggabungkan foto dan video di CapCut dalam satu frame dengan mudah. Adapun tutorial pengeditannya dapat Anda simak pada artikel “Cara menggabungkan foto dan video di CapCut dalam satu Frame”. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com