Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
INDONESIA TERHUBUNG

INDONESIA TERHUBUNG

Solusi Game Antilag dan Nonton Streaming Antibuffer

Kompas.com - 09/06/2023, 18:45 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Pernahkah kamu mendapati game yang dimainkan lemot secara tiba-tiba atau video yang kamu tonton di Youtube mendadak buffering dalam waktu cukup lama?

Situasi demikian sebenarnya merupakan hal yang lumrah. Namun, jika terjadi secara terus-menerus, siapa pun akan kesal. Padahal, kedua aktivitas tersebut merupakan sarana termurah dan termudah untuk melepas stres.

Game yang lemot dan buffering saat streaming video umumnya disebabkan faktor internet.

Sebagai contoh, jaringan Wi-Fi. Kalau bandwidth jaringan Wi-Fi kecil, pengolahan data-data berat, seperti pada game atau memutar video dalam kualitas high definition (HD), akan menjadi lebih lama.

Kondisi itu bisa bertambah parah bila terlalu banyak perangkat yang terhubung dengan modem Wi-Fi. Padahal, setiap modem memiliki batasan jumlah pengguna.

Contohnya, jika kamu memiliki koneksi internet dengan kecepatan 100 Mbps dan menghubungkannya ke tiga perangkat, setiap perangkat akan mendapatkan kecepatan internet sekitar 33 Mbps. Semakin banyak perangkat yang terhubung, maka kecepatannya juga akan semakin menurun.

Jarak antara perangkat dan modem atau router Wi-Fi juga bisa jadi penyebab game lemot dan video buffering. Semakin jauh jarak antara keduanya, maka semakin lambat koneksi internetnya.

Selain faktor internet, kendala tersebut juga bisa terjadi lantaran ketidaksesuaian antara spesifikasi perangkat dan penggunaannya.

Untuk dapat menjalankan mobile game berat, misalnya, smartphone harus punya random access memory (RAM) minimal 4 GB, ruang penyimpanan besar, dan chipset minimal kelas mid-range. Jika perangkat yang digunakan tidak berspesifikasi demikian, bisa dipastikan game akan lemot saat dimainkan.

Game bisa pula ngelag lantaran developer game umumnya tidak melakukan optimasi konten. Hal ini dikarenakan kompleksitas konten pada game begitu tinggi, terutama grafis, sehingga sulit dioptimasi. Dengan demikian, transfer data real-time antara server game dan perangkat menjadi lebih besar.

Di sisi lain, konten video di Youtube bisa saja tidak mengalami buffering, meski menggunakan jaringan internet yang sama dengan ketika memainkan game. Sebab, Youtube sering kali melakukan optimasi agar video-videonya bisa diputar dengan cepat di berbagai perangkat. Optimasi ini membuat transfer data menjadi lebih kecil.

Selain itu, kendala juga bisa datang akibat gangguan elektromagnetik dari perangkat elektronik lain di sekitar. Contohnya, microwave atau Bluetooth speaker.

Masalah teknis pada perangkat atau jaringan juga bisa memengaruhi kualitas koneksi internet saat bermain game atau streaming video. Misalnya, salah melakukan konfigurasi pada modem ataupun router.

Baca juga: Akses Internet Cepat Kian Dibutuhkan

Solusi agar internet lancar

Koneksi internet yang stabil dan cepat sangat dibutuhkan untuk segala aktivitas online, termasuk bermain game dan streaming video.

Adapun terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan koneksi internet seperti itu, di antaranya menggunakan internet sesuai kebutuhan, mengusahakan agar perangkat yang terhubung dalam satu jaringan Wi-Fi tidak melebihi kapasitas, serta beralih memakai kabel eternet untuk laptop atau personal computer (PC) ketimbang Wi-Fi.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com