Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Novel Rekomendasi Bill Gates untuk Gamers

Kompas.com - 10/06/2023, 11:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GatesNotes

KOMPAS.com - Pendiri Microsoft, Bill Gates telah merekomendasikan novel "Tomorrow, and Tomorrow, and Tomorrow" bagi para gamers.

Novel yang ditulis oleh Gabrielle Zevin ini pertama kali diterbitkan pada Juli 2022 dan dinobatkan sebagai novel fiksi terbaik dalam ajang penghargaan "Goodreads Choice Awards 2022". Karena kepopulerannya, buku tersebut bakal diadaptasi menjadi film.

"Tomorrow, and Tomorrow, and Tomorrow" berkisah tentang sepasang teman bernama Sam dan Sadie yang dekat di masa kecil karena game "Super Mario Bros".

Novel Tomorrow, and Tomorrow, and Tomorrow karya Gabrielle ZevinGoodreads Novel Tomorrow, and Tomorrow, and Tomorrow karya Gabrielle Zevin
Keduanya bertumbuh besar dan menjadi developer game "Ichigo", yang tak disangka-sangka menjadi viral di kalangan gamers.

Baca juga: Novel Fifty Shades of Grey Dimulai dari BlackBerry

Perusahaan pengembangan game yang didirikan duo kawan ini, Unfair Games, menjadi sukses. Akan tetapi, kesuksesan ini "ditutupi" konflik karena Sam dan Sadie menjadi sering bertengkar.

Sadie kesal karena Sam dianggap paling banyak berkontribusi dalam penggarapan "Ichigo".

Di sisi lain, Sam frustrasi karena Sadie lebih peduli untuk membuat karya dengan nilai seni yang tinggi ketimbang membuat karya yang membuat perusahaan mereka bertahan hidup.

Menurut Gates, "Tomorrow, and Tomorrow, and Tomorrow" berhasil membuat para pembacanya bersimpati kepada Sam dan Sadie.

"Pengembang game perempuan sering kesulitan untuk mendapatkan pengakuan, sehingga posisi Sadie bisa dimengerti," kata Gates.

"Di saat yang sama, Sadie berasal dari keluarga yang kaya, berbeda dengan Sam. Sam yang tumbuh miskin melihat Unfair Games sebagai pintu gerbangnya mencapai stabilitas keuangan untuk pertama kalinya," imbuhnya.

Baca juga: 5 Buku yang Dibaca Bill Gates pada 2021

Melihat plot ini,  pendiri Microsoft ini mengatakan bahwa novel yang ditulis Zevin bukan menempatkan fokusnya kepada game, melainkan pada aspek kerja sama yang terjalin antara Sam dan Sadie.

Oleh karena itu, novel fiksi ini sangat cocok dibaca untuk semua orang, baik gamers kelas berat maupun kasual.

Gates sendiri mengatakan bahwa dirinya merupakan gamer kasual karena kesenangannya dalam bermain "Spelling Bee" dan "Wordle".

"Definisi seorang gamer menjadi lebih luas dan lebih inklusif, sehingga adil saja jika saya juga disebut sebagai gamer," kata Gates dalam blog resminya, GatesNotes.

Mengingatkan masa lalu

Pendiri Microsoft, Bill Gates dan Paul Allencolumbian.com Pendiri Microsoft, Bill Gates dan Paul Allen
Saat membaca "Tomorrow, and Tomorrow, and Tomorrow", Bill Gates teringat pada persahabatannya dengan Paul Allen saat duduk di bangku SMA.

Halaman:
Sumber GatesNotes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com