Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Xiaomi 13 Ultra Kalah dari iPhone 14 Pro meski Pakai Lensa Leica

Kompas.com - 11/06/2023, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber DxOMark

KOMPAS.com - Xiaomi 13 Ultra mengedepankan aspek kamera sebagai nilai jual utama. Kamera ponsel flagship ini dikembangkan Xiaomi bersama produsen kenamaan, Leica.

Namun, berdasarkan pengujian situs DxOMark, kamera Xiaomi 13 Ultra kalah saing dibanding kamera iPhone 14 Pro.

DxOMark merupakan organisasi yang melakukan pengujian smartphone secara detail, khususnya pada aspek kamera. Menurut pengujian DxOMark, Xiaomi 13 Ultra meraih total skor 140 poin.

Skor tersebut lebih rendah dibanding iPhone 14 Pro maupun iPhone 13 Pro, yang masing-masing mendapatkan total skor 146 dan 141 dari DxOMark.

Tak hanya itu, Mi 11 Ultra juga meraih skor yang sama seperti iPhone 13 Pro, yang artinya lebih unggul dibanding Xiaomi 13 Ultra. Padahal, Mi 11 Ultra termasuk salah satu pendahulu dari flagship Xiaomi yang dirilis pada tahun 2021.

Baca juga: Xiaomi 13 dan 13 Pro Meluncur Global, Dibekali Teknologi Kamera Leica

Secara teknis, Xiaomi 13 Ultra dibekali empat kamera belakang dengan resolusi masing-masing 50 MP. Kamera utamanya 50 MP didukung sensor kamera 1 inci Sony IMX989 dan dilapisi lensa kamera Leica vario-Summicron.

Tiga kamera belakang Xiaomi 13 Ultra lainnya menggunakan sensor kamera Sony IMX858 50 MP. Salah satunya kamera ultrawide 50 MP (f/1.8, bidang pandang 122 derajat) yang mendukung fokus makro 5 cm.

Ada pula dua kamera telefoto yang terdiri dari kamera telefoto dengan focal length 70 mm (zoom optis 2.5x, f/3.0) serta kamera telefoto dengan focal length 120mm (zoom optik 5x, f.3.0).

Keempat kamera 50 MP itu dibingkai dalam modul kamera berbentuk lingkaran yang cukup besar di punggung belakang Xiaomi 13 Ultra.

Nah, menurut hasil pengujian DxOMark, secara umum Xiaomi 13 Ultra memiliki sistem kamera yang mumpuni, tetapi tidak mampu melampaui kemampuan flagship lainnya.

Salah satu alasannya adalah karena jeda pemotretan gambar yang cukup lama dari ketika tombol kamera ditekan hingga objek dijepret. Alasan lainnya yaitu warna gambar yang dinilai berlebihan dan kontras yang minim, sehingga tampak kurang alami.

DxOMark juga mengatakan lensa Leica yang dinilai menjadi kekurangan lain dari kamera Xiaomi 13 Ultra.

Menurut situs itu, lensa Summicron yang melapisi kamera utama flagship Xiaomi, cenderung melebar di bagian tepi gambar, ketika kondisi pencahayaan yang bergitu terang.

Adapun kekurangan dalam aspek video adalah white balance yang bermasalah dan transisi pencahayaan yang terkadang tampak pada hasil video.

Baca juga: Redmi 12 Belum Resmi, Bocoran Spesifikasi Beredar di Website Xiaomi

Xiaomi 13 UltraXiaomi Xiaomi 13 Ultra

"Beberapa kekurangan Xiaomi 13 Ultra bahkan terlihat bila dibandingkan dengan 12 Ultra, seperti pada artefak (distorsi) dalam video," kata pihak DxOMark dikutip KompasTekno dari situs resminya, Jumat (9/6/2023).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber DxOMark
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com