Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai di Medsos, Lirik di Spotify Kini Dibatasi dan Harus Langganan Premium, Kok Bisa?

Kompas.com - 03/05/2024, 10:01 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini, di media sosial (medsos) seperti X (dulu Twitter), tengah ramai soal fitur lirik di Spotify yang sekarang dibatasi dan jika ingin melihatnya secara bebas, pengguna harus membayar dengan berlangganan akun Spotify Premium.

Tak sedikit warganet yang mengeluh di media sosial karena sekarang tidak bisa lagi melihat lirik di Spotify secara bebas. Banyak warganet yang kemudian membagikan tangkapan layar terkait pembatasan lirik Spotify tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Receiptify Spotify buat Cek Lagu Favorit dengan Daftar Mirip Setruk Belanja

Keluhan warganet soal pembatasan lirik Spotify

Salah satu contohnya seperti twit yang dibagikan akun base dengan handle @convomfs, sebagaimana tertera di bawah ini.

Di twit tersebut, pengirim kesal karena sekarang akses lirik di Spotify dibatasi dan harus membayar untuk mengaksesnya secara bebas. Selain itu, pengirim juga menyertakan tangkapan layar pemberitahuan lirik Spotify yang telah mencapai batas akses bulanan.

Tak hanya akun tersebut, akun-akun lain juga banyak yang mengeluh terkait pembatasan lirik di Spotify ini. Misalnya, akun dengan handle @onbitjkoek yang menyayangkan adanya pembatasan lirik di Spotify, padahal sebelumnya masih bisa dilihat secara bebas.

Kemudian, ada pula akun dengan handle @dolc3lattee, yang terkejut karena sekarang fitur lirik di Spotify tidak bisa diakses secara bebas dengan akun biasa atau akun gratis, sehingga harus berlangganan premium.

Dari berbagai keluhan warganet ini, diketahui jika pengguna akan mendapatkan pemberitahuan saat akses fitur lirik telah mencapai batas. Pemberitahuan itu bertuliskan seperti ini “There’s monthly limit on lyrics” atau “Ada batasan bulanan untuk lirik”.

Saat pemberitahuan itu muncul, pengguna tak bisa lagi melanjutkan untuk melihat lirik atas lagu atau musik yang tengah diputar di Spotify. Kemudian, dalam pemberitahuan tersebut, pengguna akan disodorkan tautan untuk berlangganan Spotify Premium.

Baca juga: Album Baru Taylor Swift Pecahkan Rekor Spotify, Didengar 300 Juta Kali Sehari

Melihat ramainya keluhan ini, lantas bagaimana bisa terjadi pembatasan lirik di Spotify? Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelasan pembatasan lirik Spotify di bawah ini.

Pembatasan lirik Spotify masih uji coba

Sebagaimana cukup umum diketahui, fitur lirik di Spotify berfungsi untuk menampilkan lirik dari sebuah lagu atau musik yang tengah diputar pengguna di aplikasi. Sebelum adanya pembatasan ini, fitur lirik bukan termasuk dalam fitur yang hanya tersedia di akun berbayar.

Jadi, semua pengguna, termasuk pengguna dengan akun biasa atau non-Premium, bisa mengakses fitur lirik. Namun, fitur lirik di Spotify sekarang dibatasi untuk akun non-Premium. Pengguna akun biasa tidak bisa lagi mengakses lirik Spotify secara bebas.

Terdapat batas maksimum untuk mengakses fitur lirik di Spotify setiap bulan bagi pengguna akun biasa. Jika sudah mencapai batas, pengguna tak akan bisa melihat lagi lirik di Spotify. Untuk mengakses lirik secara bebas, pengguna perlu langganan akun Spotify Premium.

Pembatasan lirik Spotify ini pada dasarnya merupakan bagian dari uji coba perusahaan. Uji coba pembatasan lirik Spotify diketahui telah berjalan sejak September 2023. Kala itu, terdapat beberapa pengguna yang tak bisa lagi mengakses lirik di Spotify secara bebas.

Pihak Spotify sempat menyampaikan, uji coba pembatasan lirik dilakukan untuk memberikan pengalaman yang lebih luas ke pengguna.

“Di Spotify, kami secara rutin melakukan sejumlah pengujian, beberapa dari pengujian tersebut akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pengguna kami yang lebih luas dan pengujian lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting,” kata CJ Stanley, salah satu kepala komunikasi Spotify global, dikutip dari The Verge, Jumat (3/5/2024).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com