Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ZTE Axon 60 dan 60 Lite Meluncur, Kamera “Boba” Poni Layar ala iPhone

Kompas.com - 11/05/2024, 08:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - ZTE merilis duo smartphone barunya dari keluarga Axon yang bernama ZTE Axon 60 dan Axon 60 Lite. Kedua ponsel ini bisa dikatakan sebagai pelengkap dari ZTE Axon 60 Ultra yang sudah dirilis lebih dulu bulan lalu.

ZTE Axon 60 dan Axon 60 Lite masih menghadirkan desain warisan dari pendahulunya, ZTE Axon 50 series. Sebab, bagian punggungnya turut dihiasi tiga kamera “boba”, tersusun zig-zag dalam satu modul berbentuk persegi, mirip seperti iPhone.

Sementara itu, layar depannya juga dilengkapi fitur bernama ZTE Live Island. Cara kerja fitur ini mirip seperti Dynamic Island iPhone 14 Pro atau iPhone 15 series.

Poninya dapat bergerak dinamis dan menampilkan beragam notifikasi, seperti alarm, pengingat (reminders), durasi panggilan suara, informasi pengisian daya, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Smartphone ZTE Blade A54 Rilis di Indonesia, Harga Rp 1 Jutaan

Walau keduanya tampil identik, ZTE Axon 60 dan Axon 60 Lite punya perbedaan.

Embel-embel “Lite” di belakang nama model mengindikasikan smartphone membawa spesifikasi yang lebih ringan, ketimbang “saudaranya”. Ada beberapa spesifikasi yang dipangkas, seperti layar, RAM, kamera, dan lainnya.

Untuk lebih jelasnya, simak rincian spesifikasi ZTE Axon 60 dan Axon 60 Lite, sebagaimana sudah dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Sabtu (11/5/2024).

Spesifikasi ZTE Axon 60

ZTE Axon 60 menawarkan tiga opsi warna, yakni emas, hitam, dan unguZTE Smartphone ZTE Axon 60 menawarkan tiga opsi warna, yakni emas, hitam, dan ungu

ZTE Axon 60 datang dengan layar berpanel IPS LCD berbentang 6,72 inci. Layarnya sudah memiliki resolusi Full HD Plus dengan perbandingan rasio 20:9. Layar dihiasi sebuah punch hole sebagai “rumah” dari kamera depan beresolusi 32 MP.

Bagian punggungnya, tiga cincin “boba” tadi masing-masing memiliki resolusi 50 MP, kamera makro 2 MP, dan satu sensor lagi yang tidak diketahui jenis dan resolusinya. 

Guna menunjang performanya, ZTE Axon 60 mengandalkan Unisoc T616 yang dipadu dengan RAM 6 GB dan storage (penyimpanan) seluas 256 GB. Menyoal daya, ponsel disokong baterai 5.000mAh dan sudah mendukung pengisian cepat berdaya 22,5 watt.

Baca juga: Melihat Booth ZTE di MWC Barcelona 2024, Luas dan Ada 4 Zona Teknologi

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13. Sementara itu, fitur pendukung lainnya, terdiri dari Bluetooth, Wi-Fi, nano-SIM, USB-C, pemindai sidik jari yang terintegrasi tombol daya, dan colokan jack audio 3,5 mm.

Opsi warna yang dihadirkan adalah ungu, hitam, dan emas.

Spesifikasi ZTE Axon 60 Lite

Tampilan depan dan belakang ZTE Axon 60 LiteZTE Smartphone Tampilan depan dan belakang ZTE Axon 60 Lite

Secara keseluruhan, spesifikasi yang dihadirkan ZTE Axon 60 Lite “sebelas-dua belas” dengan Axon 60. Bedanya, layar model lite ini berukuran sedikit lebih kecil.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com