Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Mirip Circle to Search Android Hadir di iPhone 15

Kompas.com - 13/05/2024, 07:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google memberikan cara agar pengguna iPhone bisa ikut merasakan pengalaman fitur "Circle to Search" yang hanya tersedia di ponsel Android.

Circle to Search sendiri adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk "googling" dengan instan. Pengguna bisa melakukan gestur menekan dan melingkari untuk mencari apa yang ada di layar ponsel tanpa berpindah aplikasi, misalnya mencari baju yang dipakai artis.

Fitur ini sejatinya hanya tersedia untuk sistem operasi (OS) Android. Namun, Google menghadirkan fitur serupa dengan memanfaatkan tombol Action Button di ponsel iPhone 15 Pro.

Circle to Search yang hadir di iPhone tidak sepenuhnya sama dengan yang ada di ponsel Android. Circle to Search di iPhone menggunakan trik dengan "mengakali" tombol Action Button di iPhone 15.

Action Button sendiri merupakan tombol yang terletak di bodi kiri iPhone 15 Pro, tepat di atas tombol volume. Kegunaan tombol ini bisa diubah, misalnya untuk meluncurkan kamera, menerjemahkan perbincangan, mengaktifkan senter, dan lain seterusnya.

Nah, Google meluncurkan pintasan (shortcut) yang memungkinkan pengguna iPhone melakukan penelusuran visual (visual search) lewat Google Lens. Pengguna tinggal menekan Action Button untuk mengaktifkannya.

Baca juga: Fitur AI Circle to Search Kini Bisa Terjemahkan Kalimat Instan

"Ini (aktivasi Google Lens lewat Action Button) sama saja seperti Circle to Search, tetapi lebih cepat!" tulis manajer desain Google Lens Minsang Choi dalam postingnya di media sosial X (dahulu Twitter).

Dalam unggahannya, Choi mengajak pengguna iPhone 15 Pro untuk mengunduh aplikasi Google dan mencicipi trik tersebut. Namun, unggahan itu sudah dihapus Choi.

Manajer desain Google Lens Minsang Choi memperkenalkan pintasan Action Button yang menyimulasikan fitur Circle to Search.TechCrunch Manajer desain Google Lens Minsang Choi memperkenalkan pintasan Action Button yang menyimulasikan fitur Circle to Search.
Aplikasi Google di sistem operasi iOS sebenarnya sudah mendukung penelusuran visual lewat Google Lens. Adanya pintasan ini mempermudah pengguna untuk melakukan penelusuran dengan gestur yang sederhana mirip seperti Android.

Jadi, ketika pengguna iPhone menelusuri sesuatu, ia cukup menekan tombol Action Button yang sudah diatur agar mengaktifkan Google Lens dan melakukan pencarian.

Mekanisme ini sebenarnya mirip dengan Circle to Search di Android yang penggunaannya praktis. Dengan pintasan ini, pengguna iPhone 15 bisa lebih cepat menelusuri sesuatu melalui gambar yang tengah ia lihat.

Action Button di iOS menggantikan gestur menekan dan melingkari di Android, sebagaimana dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Senin (13/5/2024).

Wajib atur kegunaan Action Button

Untuk menggunakan shortcut Google Lens di iOS, pengguna mesti mengunduh aplikasi Google di iOS dan shortcut tersebut. Lalu, atur kegunaan Action Button lewat pengaturan iOS.

Walaupun tautan download pintasan tersebut sudah dihapus, pengguna masih bisa membuatnya secara mandiri.

Cara mengatur pintasan Action Button di iPhone 15 Pro  untuk menyimulasikan fitur Circle to Search TechCrunch Cara mengatur pintasan Action Button di iPhone 15 Pro untuk menyimulasikan fitur Circle to Search
Caranya, buka aplikasi "iOS Shortcuts", kemudian buat sebuah shortcut yang diaktifkan ketika menangkap layar (screenshot). Saat menangkap layar, atur agar Google melakukan penelusuran gambar via Google Lens (Search Image with Lens).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com