Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kirim E-mail Gmail ke Banyak Alamat Sekaligus

Kompas.com - 13/05/2024, 11:35 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Google Mail (Gmail) merupakan platform yang biasa digunakan sebagian pengguna untuk mengirim e-mail ke berbagai alamat. Tak hanya satu alamat penerima e-mail saja, tak jarang pengguna harus mengirim ke banyak alamat sekaligus.

Umumnya hal ini dilakukan pengguna untuk mengirim e-mail yang bersifat profesional atau promosi. Cara mengirim e-mail Gmail ke banyak alamat dapat dilakukan dengan mudah. Pengguna bisa mengirim e-mail ke banyak alamat layaknya mengirim e-mail apda umumnya.

Namun pengguna perlu mengetahui bahwa saat mengirim e-mail ke banyak penerima, Anda dapat menggunakan fitur CC dan BCC. Maka dari itu Anda harus mengetahui fungsi dan perbedaan fitur CC dan BCC di Google Mail.

Untuk mengetahui selengkapnya terkait perbedaan e-mail CC dan BCC dan cara mengirim e-mail ke banyak alamat sekaligus.

Baca juga: Cara Filter E-mail ke Folder Label Khusus di Gmail biar Tetap Rapi

Perbedaan CC dan BCC di Google Mail

Pada platform Gmail, CC merupakan singkatan dari Carbon Copy yang memungkinkan Anda untuk menyertakan penerima lain dalam salinan e-mail. Sedangkan BCC, atau Blind Carbon Copy, digunakan untuk mengirim e-mail kepada orang lain tanpa diketahui oleh penerima utama. Fitur BCC ini bermanfaat untuk menjaga privasi alamat e-mail penerima lain.

Cara kirim e-mail menggunakan CC dan BCC di Gmail

Ilustrasi cara kirim email gmail ke banyak penerimaKompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara kirim email gmail ke banyak penerima

  • Buka Gmail dan klik "Compose" untuk menulis e-mail baru.
  • Di bagian "To", masukkan alamat e-mail utama penerima atau biarkan kosong.
  • Klik pada "Cc" atau "Bcc" di sebelah kanan atas kotak "To".
  • Di "Cc" atau "Bcc", masukkan alamat e-mail semua penerima. Pisahkan setiap alamat e-mail dengan koma.
  • Tulis isi e-mail dan subjek seperti biasa.
  • Klik "Send" untuk mengirim e-mail.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan e-mail BCC

Meskipun fitur BCC di Gmail sangat berguna, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan pengguna sebelum menggunakan BCC di Gmail, antara lain:

Filter spam

Jika Anda mengirim e-mail BCC ke banyak orang sekaligus, tak jarang e-mail dapat terdeteksi filter spam. Hal ini bisa saja terjadi jika banyak yang menandai e-mail tertentu sebagai spam.

Kurang personalisasi
E-mail yang dikirim via BCC biasanya sama untuk semua penerima, jadi bisa jadi tidak seefektif e-mail yang dibuat khusus untuk tiap penerima.

Demikian cara mengirim e-mail Gmail ke banyak alamat sekaligus serta perbedaan CC dan BCC dalam e-mail. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Melihat Password Gmail di iPhone dengan Mudah

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com