Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HMD Siapkan "HMD Arrow", HP Buatan Sendiri untuk Pasar India

Kompas.com - 13/05/2024, 12:04 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Perusahaan pemegang lisensi merek Nokia, HMD Global, sedang menyiapkan smartphone baru di India. Menariknya, ponsel itu akan memiliki penamaan khusus yakni "HMD Arrow".

Nama itu didasarkan pada pilihan penggemar HMD di negara tersebut. Awalnya, HMD mengumumkan rencananya meluncurkan smartphone merek sendiri di India lewat media sosial X (dahulu Twitter) dengan handle akun @HMDdevicesIN.

Dalam posting yang sama, HMD menggelar kontes bertajuk #HMDNameOurSmartphone yang mengajak penggemar memilih nama ponsel pertama HMD yang akan rilis di sana. Kontes ini dimulai pada akhir April lalu.

Perusahaan asal Finlandia ini pun memberikan sedikit petunjuk ponsel yang akan diluncurkan, yaitu mengedepankan aspek kamera, layar serta desain.

Baca juga: HMD Vibe Meluncur, HP Android Pertama Bikinan Pemilik Nokia

Hingga 10 Mei 2024, HMD menerima banyak nama ponsel, termasuk "Sharpsy", "Dazzle", "Spectra Spark" hingga nama tokoh anime kenamaan "Naruto". Pada Sabtu (11/5/2024), HMD India akhirnya mengumumkan nama ponsel pilihan penggemar, yaitu "HMD Arrow".

Di Negeri Anak Benua itu, HMD menjadi mitra resmi tim kriket Rajasthan Royals. Pengumuman nama HMD Arrow juga diunggah oleh akun X Rajasthan Royals dengan handle akun @rajasthanroyals.

Smartphone itu dijadwalkan rilis dalam beberapa pekan lagi. Meski demikian, pihak HMD belum memberikan rincian spesifikasi perangkat tersebut.

Mengacu petunjuk yang diberikan perusahaan di X, smartphone itu bakal menawarkan kamera yang mumpuni. Sayangnya HMD belum merinci spesifikasi kamera ponsel ini. Begitu pula dengan desain perangkat yang masih rahasia.

Meski HMD lekat dengan merek Nokia, perlu dicatat bahwa smartphone yang akan rilis di India ini bermerek HMD, bukan Nokia.

Rilis HMD Vibe dan Pulse di pasar global

Sejak akhir tahun 2023, HMD mengumumkan rencana untuk membuat ponsel merek sendiri. Hal ini disampaikan CEO HMD Global Jean-Francois Baril melalui akun pribadinya di Linkedin.

“Saya sangat senang mengumumkan tonggak penting dalam evolusi HMD, kami membangun merek HMD asli. Anda bisa melihat portofolio baru perangkat mobile merek HMD serta perangkat Nokia dan kolaborasi dengan mitra baru yang menarik," kata Baril di Linkedin.

Pada akhir April lalu, tiga smartphone HMD tanpa penamaan "Nokia" akhirnya meluncur di Eropa. Ketiganya yaitu HMD Pulse "reguler", HMD Pulse Plus dan HMD Pulse Pro. Selain seri Pulse, HMD juga merilis seri Vibe.

Terlepas dari sejumlah produk baru di bawah merek sendiri, HMD masih menjual produk bermerek Nokia hingga saat ini. Jadi, produk baru dengan merek sendiri merupakan pelengkap katalog perusahaan.

Video yang diunggah di situs web HMD juga menunjukkan keterangan "The best of old and new" (Yang terbaik dari yang lawas dan baru), menyiratkan bahwa merek Nokia sebagai pemain lawas di pasar ponsel akan beriringan dengan produk baru HMD.

Baca juga: HMD Perkenalkan Boring Phone, HP yang Dirancang Membosankan

Lewat blog perusahaan, HMD juga menegaskan pihaknya masih akan membuat ponsel merek Nokia.

"Kami masih menjadi pembuat smartphone Nokia, tetapi kami melakukan pemanasan untuk menghadikan lebih banyak (perangkat) lagi untuk Anda, termasuk perangkat HMD asli dan ponsel dari kemitraan baru," demikian keterangan HMD dikutip KompasTekno dari blog resmi HMD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com