Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat Link WhatsApp dengan Mudah buat Chat Langsung Tanpa Simpan Nomor

Kompas.com - 13/05/2024, 14:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar untuk mengoptimalkan pengoperasian dari aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA. Salah satu panduan dasar itu seperti cara membuat link WA.

Untuk diketahui, link WA bakal mempermudah proses chat pengguna lain ke pengguna. Sebagaimana cukup umum diketahui, untuk bisa chat di WhatsApp, pengguna lain perlu menyimpan nomor telepon atau kontak WhatsApp pengguna.

Baca juga: 2 Cara Membuat Tulisan Tebal atau Bold di WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

Namun, proses chat yang demikian mungkin bakal cukup merepotkan. Salah satu solusi yang dapat mempermudah proses chat adalah dengan menggunakan link WhatsApp. Dengan link WA, pengguna lain tak perlu menyimpan nomor pengguna untuk chat.

Jadi, pengguna lain bisa langsung klik tautan yang dibagikan dan ruang obrolan atas nama kontak pengguna bakal otomatis terbuka. Link WhatsApp akan sangat berguna bagi pengguna yang menjalankan usaha atau jualan.

Dengan link WA, pengguna lain atau konsumen bisa langsung menghubungi pengguna di WhatsApp dengan mudah dan cepat. Lantaran berguna, pengguna penting untuk mengetahui cara membuat link WA.

Lantas, bagaimana cara membuat link WA? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai beberapa cara membuat link WA untuk chat tanpa simpan nomor dengan mudah dan praktis.

Cara membuat link WA

Cara buat link WhatsApp itu pada dasarnya cukup mudah. Ada beberapa pilihan cara buat link WhatsApp yang bisa dilakukan pengguna. Misalnya, pengguna bisa membuat tautan berisi kontak WhatsApp pribadi melalui situs web wa.me.

Kemudian, pengguna juga bisa memakai WhatsApp Bisnis jika memilikinya. Selain itu, terdapat lagi beberapa cara lain yang dapat dilakukan. Adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa cara membuat link WA adalah sebagai berikut.

1. Cara buat link WhatsApp dengan situs wa.me

Cara buat link WhatsApp untuk chat tanpa simpan nomor yang pertama adalah menggunakan situs wa.me.

Untuk diketahui, wa.me merupakan situs web dari WhatsApp untuk membuat link yang dapat mengarahkan pengguna ke ruang obrolan atas nama kontak tertentu tanpa perlu menyimpan nomornya. Adapun cara membuat link WA dengan wa.me adalah sebagai berikut:

  • Ketik di browser alamat seperti ini "https://wa.me/" (tanpa tanda kutip) dan diikuti dengan nomor telepon atau kontak WhatsApp yang hendak dijadikan link.
  • Nomor telepon harus diawali dengan kode negara (62), bukan angka nol (0).
  • Jadi, format tautan akan berupa seperti ini “https://wa.me/62825678910” (tanpa tanda kutip).
  • Setelah tersusun, salin dan bagikan tautan itu ke berbagai platform supaya bisa dihubungi pengguna lain tanpa perlu menyimpan nomor.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Tidak Bisa Scan Kode QR WhatsApp Web, Mudah dan Praktis

2. Cara membuat link WA dengan teks

Link WhatsApp bisa berisi teks atau pesan yang muncul secara otomatis ketika pengguna lain membukanya. Teks otomatis itu bisa diisi dengan sapaan. Dengan adanya teks otomatis itu, pengguna lain tak perlu repot mengetik sapaan untuk memulai chat.

Link WA dengan teks bisa dibuat melalui situs wa.me. Adapun penjelasan cara membuat link WA dengan teks melalui situs wa.me adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi browser di laptop atau ponsel.
  • Pada kolom URL browser, ketik alamat dengan format seperti ini, “https://wa.me/nomor telepon WhatsApp diawali kode negara?text=pesan yang ingin dimuat" (tanpa tanda kutip). Setiap kata pada pesan dijeda atau dispasi menggunakan simbol “%20”.
  • Contoh bentuk link tersebut bisa seperti ini, https://wa.me/6287123123123?text=Halo,%20saya%20tertarik%20untuk%20membeli%20mobil%20Anda.
  • Salin link tersebut dan bagikan ke berbagai platform. Ketika link itu dibuka, pengguna lain bakal diarahkan ke ruang obrolan WA atas nama kontak pengguna dan muncul pesan otomatis buat dikirim.

Ilustrasi cara membuat link WA dengan tulisan otomatis via wa.meKOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat link WA dengan tulisan otomatis via wa.me

3. Cara buat link WhatsApp dengan situs wa.link

Cara membuat link WA yang ketiga adalah dengan menggunakan situs wa.link. Situs wa.link bakal mempermudah pengguna ketika hendak membuat link WA dengan berisi teks otomatis.

Di situs wa.link, pengguna tak perlu repot menambahkan simbol seperti cara di atas jika hendak membuat link WA dengan teks. Adapun penjelasan cara buat link WhatsApp dengan situs wa.link adalah sebagai berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com