Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Blackview Hero 10, HP Lipat Mirip Samsung Z Flip dan Punya Dynamic Island ala iPhone

Kompas.com - 14/05/2024, 18:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Produsen ponsel tangguh asal China, Blackview, turut meramaikan pasar smartphone lipat. Mereka meluncurkan Blackview Hero 10, Senin (13/5/2024).

Ponsel lipat ini cukup unik. Desainnya sangat mirip Samsung Galaxy Z Flip, di mana mekanisme lipatannya menggunakan konsep clamshell alias seperti cangkang kerang (bukaan vertikal).

Akan tetapi, layar memiliki "Dynamic Live View", sebuah fitur yang mirip dengan Dynamic Island di iPhone 14 Pro atau model lebih baru.

Sebagaimana di iPhone, Dynamic Live View menampilkan layar kecil berbentuk kapsul untuk menampilkan notifikasi dan sebagainya secara real-time.

Baca juga: Blackview BL9000 Pro Meluncur, Ponsel Tangguh dengan Pendeteksi Panas Tubuh

Blackview menggunakan desain engsel bernama waterdrop yang memungkinkan layar utama ponsel tetap mulus ketika dibentangkan. Desain ini juga dinilai memungkinkan layar ponsel dibuka dalam berbagai sudut.

Blackview Hero 10Blackview Blackview Hero 10

Perusahaan mengeklaim engsel Hero 10 sudah melalui uji ketahanan sampai 250.000 kali oleh Blackview Quality Management Lab. Pengujian itu dilakukan demi memastikan ponsel lipat ini bisa bertahan sampai 15 tahun.

Selain itu, Blackview Hero 10 dibekali kamera utama beresolusi cukup tinggi, yakni 108 MP. Kameranya ditempatkan di modul berbentuk separuh kapsul. Modul itu turut menampung layar sekunder ponsel yang didesain bulat berukuran 1,19 inci.

Spesifikasi Blackview Hero 10

Blackview Hero 10 hadir dengan layar utama AMOLED 6,9 inci, resolusi 2,5K, kecerahan sampai 1300 nit, serta touch sampling rate 240 Hz. Layar utamanya didesain memiliki lubang alias punch hole untuk menampung kamera depan.

Smartphone lipat ini juga dibekali layar sekunder yang ditempatkan di punggung ponsel berukuran 1,19 inci didukung resolusi 390 x 390 piksel.

Dapur pacu ponsel ini ditenagai chipset kelas menengah MediaTek Helio G99. Chip ini dipadukan dengan RAM 12 GB dan storage 256 GB.

Baca juga: Ponsel Gaming Tahan Banting Blackview BL5000 Resmi Meluncur

Blackview Hero 10Blackview Blackview Hero 10

Pada aspek kamera, Hero 10 menawarkan kamera belakang ganda. Terdiri dari kamera utama 108 MP didukung sensor Samsung Isocell HM6 dan kamera ultrawide 8 MP.

Ponsel lipat ini juga ditenagai baterai berkapasitas 4000 mAh. Pengisian ulangnya didukung teknologi fast charging 45 watt. Blackview Hero 10 menjalankan sistem operasi Android 13, dilapisi antarmuka DokeOS 4.0.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 Rilis Juli di Paris?

Fitur lainnya yang ada di smartphone ini yaitu NFC, sensor fingerprint di layar, pengenal wajah hingga dukungan dual-SIM.

Blackview Hero 10 tersedia dalam dua opsi warna, yaitu Sakura Purple dan Eclipse Black. Harganya dibanderol 858 dollar Amerika Serikat (Rp 13,8 juta), dihimpun KompasTekno dari situs AliExpress, Selasa (14/5/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com