Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HMD XR21 Resmi, Smartphone Tangguh Pertama Mantan Nokia

Kompas.com - 15/05/2024, 09:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Perusahaan pemegang lisensi merek Nokia, HMD Global diam-diam meluncurkan smartphone tangguh (rugged) pertamanya, yakni HMD XR21. Ponsel ini muncul di situ resmi HMD di Eropa, Rabu (14/5/2024).

HMD XR21 merupakan rebrand dari ponsel tangguh Nokia XR21 yang diumumkan pada Mei 2023 lalu. Sebagai versi rebrand, HMD XR21 membawa spesifikasi dan tampilan yang identik dengan Nokia XR21.

Bedanya, logo Nokia yang menghias punggung smartphone diganti menjadi logo HMD. Selain itu, HMD XR21 hanya tersedia dalam warna hitam (Midnight Black), sedangkan Nokia XR21 ditawarkan dalam opsi warna hitam (Midnight Black) dan hijau (Pine Green).

Baca juga: HMD Siapkan HMD Arrow, HP Buatan Sendiri untuk Pasar India

Sebagai ponsel tangguh, HMD XR21 dirancang agar bisa digunakan dan bertahan dalam kondisi lingkungan yang ekstrem.

Smartphone terbaru HMD ini sudah dibekali sertifikasi anti air dan debu dengan rating tertinggi IP69K. Ponsel ini diklaim bisa bertahan dalam air dengan kedalaman 1,5 meter selama 60 menit.

HMD XR21 juga telah memenuhi standar militer MIL-STD-810. Artinya, perangkat ini bisa berfungsi di suhu ekstrem, di area ketinggian dengan tekanan atmosfer rendah, kelembapan tinggi, serta harus tahan air, debu, guncangan, bantingan, dan korosi.

Bicara soal tahan banting, HMD XR21 bisa bertahan ketika terjatuh dari ketinggian hingga 1,8 meter.

Spesifikasi HMD XR21

Spesifikasi HMD XR21 lainnya mencakup layar IPS LCD berdiagonal 6,49 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 550 nits, rasio aspek 20:9, dan kerapatan piksel 406 ppi.

Layar ini sudah dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus. Dengan begitu, layar ponsel tidak mudah tergores atau retak ketika jatuh.

Di tengah atas layar, terdapat sebuah kamera selfie 16 MP (f/2.4) yang dimuat dalam modul lubang (punch hole). Bagian punggung ponsel mencakup kamera utama 64 MP (f/1.8) dan kamera ultra wide 8 MP (f/2.2).

Duo kamera belakang ini diposisikan secara vertikal di dalam modul persegi panjang. Di bawahnya, terdapat sebuah lampu LED flash untuk membantu fotografi dalam kondisi minim cahaya.

Baca juga: HMD Vibe Meluncur, HP Android Pertama Bikinan Pemilik Nokia

Perbandingan HMD XR21 (kiri) dan Nokia XR21 (kanan). Selain perbedaan logo, keduanya juga dibedakan dari varian warna yang ditawarkan.GSMArena Perbandingan HMD XR21 (kiri) dan Nokia XR21 (kanan). Selain perbedaan logo, keduanya juga dibedakan dari varian warna yang ditawarkan.
Untuk jeroan, HMD XR21 ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) Snapdragon 695 bikinan Qualcomm (6 nm).

Chipset yang mendukung konektivitas 5G ini mencakup 2 inti Kryo 660 Gold (clockspeed maksimum 2,2 GHz), enam inti Kryo 660 Silver (clockspeed maksimum 1,7 GHz), dan unit pengolah grafis (GPU) Adreno 619.

SoC ini dibarengi dengan RAM 6 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB. Tidak ada slot microSD untuk memperluas storage ponsel.

HMD XR21 disokong oleh baterai berkapasitas 4.800 mAh, dengan teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 33 Watt.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com