Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Facebook Rayakan Ultah Ke-40, Nostalgia dan Pamer Foto Tempat Bersejarah di Hidupnya

Kompas.com - 15/05/2024, 11:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO Meta (induk Instagram, WhatsApp, Facebook) Mark Zuckerberg menginjak usia 40 tahun pada Selasa (14/5/2024).

Untuk merayakan usia "kepala empat", Zuckerberg mengadakan pesta ulang tahun dan mengundang rekan/sahabatnya. Salah satu yang terlihat hadir adalah pendiri Microsoft, Bill Gates.

Tak hanya itu, Zuck (panggilan akrabnya) juga membuat lima miniatur tempat paling berkesan dan bersejarah di perjalanan hidupnya. Misalnya kamar tidur masa kecilnya, kamar asrama di Harvard, apartemen pertamanya, dan restoran pizza favoritnya.

Zuck pun bernostalgia dan mengunggah foto-foto dirinya di tempat-tempat bersejarah itu di Instagram pribadinya.

1. Kamar masa kecil Zuck

CEO Meta Mark Zuckerberg merayakan ultah ke-40 pada 14 Mei 2024. Ia membuat miniatur tempat paling berkesan dan bersejarah di hidupnya. Salah satunya adalah kamar tidur semasa kecil Zuck, seperti di foto ini.Instagram/ @zuck CEO Meta Mark Zuckerberg merayakan ultah ke-40 pada 14 Mei 2024. Ia membuat miniatur tempat paling berkesan dan bersejarah di hidupnya. Salah satunya adalah kamar tidur semasa kecil Zuck, seperti di foto ini.
Foto pertama memperlihatkan Zuck yang sedang berpose di kamar masa kecil sekaligus tempat ia belajar coding. Di sana terlihat ada tempat tidur susun, komputer, hingga perintilan seperti buku bahasa pemrograman Java.

Potret kamar kecil Zuck ini kemungkinan berlatar sekitar tahun 1990-an. Saat itu, ayah Zuck (Edward Zuckerberg) mengajarinya ATARI BASIC Programming saat usia Zuck masih 11 tahun.

Baca juga: Gaji Mark Zuckerberg Cuma Rp 16.000, tapi Tunjangan Ratusan Miliar Rupiah

Kecintaan Zuck terhadap dunia programming pun terus dipupuk oleh sang ayah. Edward kemudian memanggil guru privat bernama David Newman, seorang pengembang software, untuk mengajari Zuck sekali seminggu di rumah mereka.

Kemampuan Zuck kian berkembang. Di usia 12 atau 13 tahun, dia membuat sebuah program perpesanan menggunakan Atari BASIC bernama "Zucknet". Program itu lalu digunakan ayahnya di klinik giginya. Dengan Zucknet, resepsionis bisa menginformasikan jika ada pasien baru tanpa harus teriak memanggil dokter.

2. Kamar asrama Harvard

Foto kedua menampilkan Zuckerberg yang sedang berpose di kamar asrama Harvard, tempat ia meluncurkan Facebook pada 2004 silam. Yang istimewa, Bill Gates juga ikut duduk dan semringah melihat ke arah kamera.

Foto ini pun diunggah ulang oleh Bill Gates di Instagram Stories pribadinya. Gates menambahkan caption "Happy Birthday, @zuck!".

Setelah lulus SMA di tahun 2002, Zuck memang melanjutkan studi strata satunya di Harvard University mengambil jurusan psikologi dan ilmu komputer.

Di bangku kuliah, Zuckerberg terus mengeksplorasi kemampuannya di bidang software. Ia pun membuat beragam software, seperti FaceMash (situs Salah satu yang paling terkenal adalah "Facemash" dan "CourseMatch".

Kemudian, Zuck mengerjakan proyek "TheFacebook" bersama empat teman sekamarnya di asrama kampus Harvard, yakni Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes.

Di kamar asrama inilah, Facebook pertama kali diluncurkan pada 4 Februari 2004. Zuckerberg yang bertindak sebagai programmer konon hanya butuh dua minggu untuk menciptakan Facebook. Sebab, selain jago programming, dia sudah beberapa kali membuat proyek yang mirip.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com