Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat AI, Cari Foto di Google Photos Jadi Gampang

Kompas.com - 15/05/2024, 17:02 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Umumnya, pengguna Google Photos harus mengetik atau meng-scroll secara manual untuk bisa menemukan foto dan video di perangkat. Namun dengan fitur AI baru dari Google, pengguna dapat dengan mudah menemukan foto dan video dengan menyebutkannya saja.

Dalam acara Google I/O 2024 pada Rabu, 5 Mei 2024 dini hari waktu Indonesia, Google mengumumkan fitur eksperimen AI, Ask Photos di Google Photos yang didukung oleh model AI Gemini milik Google.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat mencari seluruh koleksi Google Photos mereka menggunakan pertanyaan bahasa sehari-hari (natural language) yang mengandalkan pemahaman dari AI mengenai konten foto dan metadata lainnya.

Berkat adanya pemrosesan bahasa alami, kini pengguna dapat mencari konten yang tepat dengan lebih intuitif dan mengurangi proses pencarian manual, di mana sebelumnya pengguna perlu mencari hal-hal yang spesifik di Google Photos mereka seperti tempat, buku atau orang.

Baca juga: Google Umumkan Project Astra, Proyek AI yang Bisa Melihat dari Kamera HP

Sebagai contoh, daripada mencari sesuatu yang spesifik di foto, seperti “Menara Eiffel”, pengguna bisa meminta Ask Photos untuk melakukan sesuatu yang lebih kompleks lagi, semisal menemukan “foto terbaik dari setiap Taman Nasional yang saya kunjungi”.

Ask Photos menggunakan berbagai sinyal untuk memutuskan apa yang membuat foto tersebut menjadi yang "terbaik" dari serangkaian foto tertentu, yang meliputi hal-hal seperti pencahayaan, keburaman, kurangnya distorsi latar belakang, dan lainnya.

Selain itu, fitur Ask Photos juga memungkinkan pengguna untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan berbagai jawaban yang bermanfaat. Pengguna dapat mengajukan pertanyaan yang membutuhkan pemahaman hampir mirip manusia seperti apa yang ada di foto mereka.

Misalnya, orang tua dapat menanyakan tema apa saja yang sudah diangkat untuk pesta ulang tahun anak mereka ke Ask Photos. Fitur tersebut kemudian akan memberikan jawaban beserta video dan foto dengan tema seperti putri duyung dan unicorn.

Ask Photos menampilkan tema ulang tahunGoogle Ask Photos menampilkan tema ulang tahun

Baca juga: Google Kenalkan Veo, AI untuk Bikin Video dari Teks Pesaing Sora

Hal ini terjadi karena Ask Photos memahami bukan hanya kata kunci, tetapi juga konsep bahasa alami seperti "tema pesta ulang tahun", dan menggunakan AI multimodal untuk mengenali teks dalam foto yang relevan dengan permintaan pengguna. 

Contoh lainnya, CEO Google Sundar Pichai mendemonstrasikan dengan menunjukkan seorang pengguna yang meminta Ask photo untuk menunjukkan kegiatan renang anaknya. Ask Photos lalu mengemas sorotan foto dan video anak yang sedang berenang dari waktu ke waktu.

CEO Google tersebut pun turut meminta Ask Photos untuk mencari pelat nomor mobil saat pengguna bersiap untuk membayar parkir. Hasilnya, Ask photos mampu menemukan pelat nomor persis seperti yang diminta.

“Ask Photos mengetahui mobil-mobil yang sering muncul, melakukan triangulasi mobil mana yang merupakan milik Anda, dan hanya memberi tahu Anda pelat nomornya.” Kata pichai.

Jika nantinya Ask Photo keliru pada saat menampilkan foto yang diminta dan pengguna memperbaikinya dengan menandai foto yang tidak sesuai, Ask Photos disebut bakal mengingat respons tadi untuk meningkatkan kinerjanya dari waktu ke waktu.

Baca juga: Mengenal Gemini AI Google yang Mirip ChatGPT dan Cara Menggunakannya

Google mengatakan bahwa Ask Photos memiliki batasan untuk tidak merespons dalam kasus-kasus tertentu. Fitur ini juga disebut tidak menyertakan konten yang berpotensi menyinggung saat melatih model.

Namun begitu, Pichai mengatakan bahwa fitur Ask Photos baru akan meluncur sekitar pertengahan tahun nanti, dan akan hadir dengan lebih banyak keunggulan. Fitur ini pun akan mulai digulirkan di AS dalam bahasa Inggris, sebelum diluncurkan ke pasar yang lebih luas.

Untuk saat ini, Ask Photos disebut hanya fitur berbasis teks, sama halnya dengan pada chatbot AI. Seiring berjalannya waktu, kabarnya fitur ini dapat diintegrasikan lebih dalam dengan Gemini yang berjalan di perangkat, seperti pada Android.

Google juga menegaskan bahwa data pribadi pengguna tidak akan digunakan untuk iklan dan percakapan AI serta data pribadi di Ask Photos hanya ditinjau dalam kasus langka untuk mencegah penyalahgunaan.

Google menambahkan, data pribadi penggunanya di Google Photos juga tidak akan digunakan untuk melatih produk AI generatif milik Google lainnya, seperti Gemini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (15/5/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com