Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokumen Bocor, Rencana Apple Bikin iPhone SE 4 dan iPhone Lipat Terungkap

Kompas.com - 16/05/2024, 14:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Rumor kehadiran iPhone SE 4 serta iPhone lipat kian menguat. Sebuah lembar roadmap alias peta jalan Apple yang bocor di internet menunjukkan bahwa raksaa teknologi ini akan meluncurkan iPhone SE 4 serta iPhone lipat.

Rencana Apple itu dibagikan oleh pembocor gadget (tipster) J. Reve di media sosial X dengan handle akun @Revegnus1.

Menurut postingan tipster itu, ada sejumlah rencana yang dicanangkan Apple pada tahun 2023 hingga 2027. Nah, pada tahun 2025, tercantum bahwa Apple merencanakan iPhone SE generasi keempat.

Dokumen itu juga merinci beberapa fitur atau spesifikasi yang akan melengkapi setiap perangkat. Mengacu keterangan di dokumen itu, iPhone SE 4 bakal dilengkapi layar OLED 6,1 inci dan kamera utama 48 MP.

Baca juga: Terungkap Tampang iPhone SE 4, Punya Poni dan Tanpa Tombol Home

Bila dibandingkan dengan iPhone SE 3, spesifikasi iPhone SE 4 begitu meningkat. Sebab, pendahulunya menawarkan layar LCD berukuran 4,7 inci dan kamera 12 MP.

iPhone 16 dan iPhone 17

Dokumen yang sama juga menunjukkan sejumlah peningkatan untuk iPhone yang bakal rilis tahun ini atau kemungkinan disebut iPhone 16 dan iPhone 17 untuk tahun 2025.

Berdasarkan bocoran itu, iPhone 16 bakal memiliki RAM 8 GB. Artinya, kapasitasnya setara dengan iPhone 15 Pro dan Pro Max yang rilis tahun lalu.

Kemudian iPhone 16 Pro dan Pro Max bakal mengadopsi kamera zoom periskop dengan zoom optis 5x.

Dokumen roadmap Apple 2023-2027 yang bocor di internetSamsungPop Dokumen roadmap Apple 2023-2027 yang bocor di internet

Peningkatan lainnya yaitu pada aspek layar, karena iPhone 16 Pro akan hadir dengan layar 6,3 inci dan iPhone 16 Pro Max 6,9 inci. Ukurannya naik sekitar dua inci dari iPhone 15 Pro yang memiliki layar 6,1 inci dan iPhone 15 Pro Max dengan layar 6,7 inci.

Bocoran semacam ini juga sudah beredar di internet sebelum dokumen roadmap Apple 2023-2027 terungkap.

Baca juga: Apple Diam-diam Siapkan 2 iPhone Lipat

Sementara iPhone 17, khususnya model Pro akan dibekali tiga kamera belakang dengan kamera utama 48 MP. Tidak hanya itu, kamera depannya juga bakal menawarkan resolusi 48 MP disertai fitur stabilisasi OIS.

RAM-nya bakal ditingkatkan dari model sebelumnya 8 GB menjadi 12 GB. Kemudian layarnya mengusung layar Pol-less yang tipis dengan kecerahan yang tinggi.

Adapun iPhone 18 disebutkan bakal memiliki sensor inframerah di bawah layar. Artinya, iPhone 18 akan menjadi ponsel pertama dengan Face ID di bawah layar. Konsep ini kemungkinan memangkas notch alias poni iPhone sepenuhnya.

iPhone 8 sendiri ditaksir meluncur pada tahun 2026.

iPhone lipat

Pada tahun yang sama dengan peluncuran iPhone 8, dokumen roadmap Apple menunjukkan keterangan "foldable iPhone" alias iPhone lipat. Dokumen itu tidak begitu banyak menyertakan informasi soal iPhone lipat.

Hanya terdapat keterangan bahwa ponsel lipat itu bakal hadir dengan layar 6 dan 8 inci. Kemungkinan layar 8 inci adalah layar ponsel ketika dibentangkan. Sementara layar 6 inci merupakan layar luar ponsel.

Baca juga: Blackview Hero 10, HP Lipat Mirip Samsung Z Flip dan Punya Dynamic Island ala iPhone

Informasi lainnya yaitu bahwa iPhone lipat akan memakai teknologi DRAM LLW dengan latensi dan daya rendah untuk mengoptimalkan kinerja perangkat, dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Kamis (16/5/2024). Tidak ada lagi rincian spesifikasi yang dicantumkan untuk iPhone lipat.

Namun informasi ini bisa menjadi gambaran rangkaian produk yang akan dirilis Apple di waktu mendatang.

Perlu dicatat bahwa informasi di atas masih sebatas rumor. Apple juga belum membagikan informasi soal iPhone SE 4, iPhone 16 maupun iPhone lipat seperti tercantum di dokumen yang bocor kali ini. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com