Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna iPhone yang Update iOS 17.5 Kaget, Foto yang Lama Dihapus Muncul Lagi

Kompas.com - 16/05/2024, 15:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Apple baru-baru ini merlis sistem operasi iOS 17.5 untuk pengguna iPhone secara global, termasuk Indonesia. Namun, beberapa hari setelah peluncurannya, pengguna iPhone mulai mengeluhkan masalah yang terjadi di iOS 17.5.

Sebab, merujuk pada sejumlah laporan di forum online Reddit, foto-foto yang sudah dihapus di aplikasi Photos (galeri bawaah iPhone) kembali muncul di galeri. Padahal, dokumentasi foto tersebut sudah dihapus dan dihilangkan sejak beberapa tahun lalu.

Keluhan yang disampaikan pengguna juga disertai beberapa keserahan dan ketidaknyamanan. Sebab, bug iOS 17.5 ini kerap memunculkan kembali konten-konten sensitif yang sudah dihapus oleh pengguna.

Baca juga: Apple Rilis iOS 17.5, Bawa Fitur Sideloading dan Mode Perbaikan

Menurut salah satu laporan, ada sebuah foto dengan pose cukup intim, sudah dihapus sejak 2021, tetapi gambar tersebut kembali muncul dan ditandai sebagai gambar “yang baru saja diunggah” (recently updated) di penyimpanan cloud, iCloud.

“Saya kerap menghapus empat foto yang diambil 2010 dan konten tersebut kembali muncul sebagai konten terbaru yang diunggah ke iCloud,” pungkas salah seorang pengguna iPhone yang turut mengeluhkan masalah serupa.

“Hal yang sama juga terjadi padaku. (Ada) enam foto dengan rentang waktu berbeda, sudah jelas saya hapus, dan (foto itu) kembali muncul sebagai foto yang baru diunggah pada 2023,” keluh pengguna iPhone yang lain.

Diskusi soal bug iOS 17.5 ini pun cukup ramai diperbincangkan di Reddit. Bahkan, salah seorang pengguna menyebut muncul foto konser random yang diambil di dari kamera iPhone yang berbeda. Foto tersebut muncul di ponsel mereka dengan keterangan waktu “paling baru”.

Keamanan data pengguna terancam?

Cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh padahal sudah beli iCloud.Unsplash/Sebastian Bednarek Cara mengatasi penyimpanan iPhone penuh padahal sudah beli iCloud.

Bug yang terjadi di iOS 17.5 menimbulkan banyak pertanyaan di kalangan pengguna, khususnya soal masalah keamanan data dan privasi. Sedikit gambaran, Photos memiliki cara kerja yang tidak langsung menghilangkan foto/video yang dihapus.

Baca juga: Begini Cara Menyembunyikan Foto dan Video di Galeri iPhone

Konten-konten yang dihilangkan akan ditampung sementara waktu di folder “Recently Deleted” (Konten yang baru dihapus). Folder ini akan menyimpan foto/video tadi selama 30 hari sebelum menghilang dari iPhone secara permanen.

Adanya folder “Recently Deleted”, pengguna yang tidak sengaja menghapus foto/video di iPhone bisa segera memulihkan dan mengembalikan konten tersebut ke galeri Photos. Sejatinya, fitur ini punya manfaat yang positif.

Kendati begitu, jika dikaitkan dengan bug di iOS 17.5 tadi, apa alasan dibalik Apple masih menyimpan data pengguna di servernya, padahal konten tersebut sudah dihapus beberapa tahun lalu

Logikanya, konten foto/video tersebut seharusnya sudah hilang permanen di iPhone ataupun penyimpanan cloud iCloud. Kemungkinan foto-foto lama kembali muncul di Photos seharusnya tidak terjadi.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Giz China, Kamis (16/5/2024), kemungkinan ada dua masalah yang terjadi di sistem iPhone.

Masalah pertama adalah pengindeksian yang error. Sistem di iOS 17.5 boleh jadi misinterpretasi terkait foto-foto yang sudah dihapus, makanya foto tersebut kembali muncul di Photos.

Masalah kedua adalah kerusakan yang terjadi di galeri foto iPhone. Yang mana, hal tersebut berdampak pada pengambilan foto yang sudah dihapus secara permanen.

Namun, sampai berita ini ditulis, Apple masih belum memberikan pernyataan resmi terkait masalah di iOS 17.5.

Pengguna yang kerap mengalami bug ini bisa segera melapor, supaya Apple bisa menawarkan solusi atau menggelontorkan update baru. Diharapkan, update iOS nanti bisa mengatasi masalah di galeri foto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com