Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SteelSeries Rilis Actris Nova 5, Headset dengan 100 "Preset" Game

Kompas.com - 16/05/2024, 17:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber IGN

KOMPAS.com - Pabrikan periferal gaming SteelSeries baru saja meluncurkan produk headset terbaru bernama Actris Nova 5. Headset wireless ini dirancang untuk digunakan bersama aplikasi pendamping yang bisa dipasang di ponsel.

Aplikasi bernama Nova 5 Companion App tersebut antara lain memungkinkan pengguna memilih lebih dari 100 preset audio game yang dirancang khusus oleh developer dan pemain profesional.Masing-masing profil audio dicocokkan dengan karakter tiap game.

Pengguna, misalnya, bisa memakai profil untuk menegaskan bunyi langkah kaki musuh di game FPS seperti Apex Legends, atau profil yang dioptimalkan untuk lingkungan open world macam game The Witcher 3: Wild Hunt.

Baca juga: Meta Umumkan Horizon OS, Sistem Operasi untuk Headset VR Merek Apa Pun

Sebagai headset nirkabel, Arctis Nova 5 terhubung ke PC atau konsol game dengan koneksi 2,4 GHz via dongle USB atau Bluetiooth 5.3. Pengguna bisa mengganti-ganti metode koneksi dengan hanya menekan satu tombol di earphone.

Headset SteelSeries Arctis Nova 5SteelSeries Headset SteelSeries Arctis Nova 5
Arctis Nova 5 sendiri digadang-gadang sebagai headset "mewah tapi terjangkau" dengan harga 130 dollar AS (Rp 2,1 juta). Tampilannya mirip dengan Arctis Nova 7 yang berbanderol lebih mahal , tapi ada beberapa hal yang dikurangi untuk menekan harga.

Misalnya, bagian dalam (core) headband terbuat dari plastik alih-alih baja. Untungnya, suspensi dan bantalan yang digunakan dentik dengan milik Nova 7 sehingga sama-sama nyaman.

Demikian juga dengan keluaran suranya. Seperti Arctis Nova 7, Nova 5 menggunakan driver tipe neodymium dengan dukungan audio spatial 360-derajat.

Baca juga: Qualcomm Perkenalkan Snapdragon XR2 Plus Gen 2, Chip Pesaing Headset Apple Vision Pro

Fitur lainnya termasuk boom mikrofon (ClearCast 2.X) fully retractable, port charging USB C, dan daya tahan baterai yang diklaim mencapai 60 jam, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari IGN, Kamis (16/5/2024).

Dalam hal daya tahan baterai itu, Arctis Nova 5 mampu berahan jauh lebih lama dari Nova 7 yang disebut memiliki battery life 40 jam.

Selebihnya, Nova 5 terkesan seperti versi "ringan" dari Nova 7 yang tetap mempertahankan fitur-fitur terpenting sekaligus menambah fitur baru yang menarik seperti preset audio melalui aplikasi tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com