Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo A60 Resmi di Indonesia, HP "Tahan Banting" Harga Rp 2 Jutaan

Kompas.com - 17/05/2024, 08:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo resmi meluncurkan ponsel kelas menengah terbarunya, Oppo A60 di Indonesia pada Jumat (17/5/2024).

Oppo A60 memiliki keunggulan di aspek ketahanan, dan sudah mendapatkan sertifikasi uji ketahanan terhadap guncangan ala militer Amerika Serikat (AS) dengan standar Military Grade Shock Resistance atau MIL-STD 810H. 

Sertifikat tersebut diraih setelah Oppo A60 melewati sejumlah pengujian ketat, salah satunya pengujian getaran ekstrim dalam tiga dimensi (X, Y, dan Z).

Perangkat ini juga telah melalui tes guncang sejauh 5.000 kilometer di dalam mobil dengan jalanan bergelombang, dan tes jatuh 26 kali dari ketinggian 1,22m di berbagai posisi.

Dengan sertifikat dan pengujian ketahanan tersebyt, bisa dibilang Oppo A60 merupakan ponsel yang tahan banting. Oppo sendiri mengeklaim bahwa ponsel ini merupakan ponsel pertama di industri yang memiliki tingkat ketahanan standar seperti ini. 

Di samping fitur ketahanan bersertifikasi militer AS di atas, Oppo A60 juga dilengkapi dengan teknologi Splash Touch. Teknologi ini memungkinkan layar perangkat tetap bisa dipakai dengan normal di bawah kondisi hujan.

Baca juga: Oppo Klaim Jadi Merek Ponsel Terlaris di Indonesia Kuartal I-2024

Karena tahan air, Oppo A60 tentunya telah mendapatkan sertifikasi tingkat ketahanan terhadap air dan debu, yaitu dengan IP rating IP54.

Spesifikasi Oppo A60 di Indonesia

Oppo A60 meluncur di Indonesia, Jumat (17/5/2024).KOMPAS.com/Bill Clinten. Oppo A60 meluncur di Indonesia, Jumat (17/5/2024).

Oppo A60 dibekali layar IPS LCD 6,67 inci dengan resolusi HD Plus, refresh rate 90 Hz, dan tingkat kecerahan (brightness) mencapai 950 nit.

Oppo A60 dibekali dengan dua kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 50 MP dan 2 MP (depth sensor). Di bagian depan, ada kamera 8 MP yang bisa digunakan untuk swafoto.

Beralih ke sektor performa, Oppo A60 ditenagai dengan chipset Snapdragon 680 yang dipadukan dengan RAM LPDDR4x 8 GB dan media penyimpanan (storage) UFS 2.2 128 GB.

Baterai ponsel ini memiliki kapasitas 5.000 mAh dan mendukung teknologi pengisian cepat SuperVOOC via USB-C berdaya 45 watt.

Baca juga: Survei: Oppo Jadi Merek HP Paling Banyak Dibeli Orang Indonesia

Untuk aspek software, Oppo A60 menjalankan sistem operasi Android 14 yang dipadukan dengan tampilan antarmuka ColorOS 14.

Harga Oppo A60 di Indonesia

Nah, di Indonesia, Oppo A60 yang tahan banting ini dijual dengan harga Rp 2.599.000 untuk satu varian 8 GB/128 GB. Ponsel tersebut sudah bisa dibeli di marketplace mitra Oppo mulai hari ini, Jumat (17/5/2024). 

Oppo A60 tersedia dalam varian warna Midnight Purple dan Ripple Blue. Varian Ripple Blue bisa dibilang merupakan warna "jagoan" ponsel ini, lantaran memiliki warna biru laut dengan desain mengilap dan motif seperti air ombak.

Fitur pendukung lain yang ada di ponsel dengan dimensi ketebalan 7,68 mm dan bobot 186 gram ini mencakup pemindai sidik jari yang dibenamkan bersama tombol power, Dual Speaker, Ultra Volume 300 Persen, dukungan microSD hingga 1 TB, dan masih banyak lagi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com