Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rutinitas CEO Nvidia Jensen Huang, Kerja 14 Jam Sehari dan Sering Makan di Kantin Bareng Karyawan

Kompas.com - Diperbarui 19/05/2024, 08:26 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO perusahaan teknologi Nvidia, Jensen Huang, kini menjadi salah satu orang terkaya dunia setelah hartanya meningkat pesat sejak tahun 2023.

Berdasarkan daftar orang terkaya dunia versi Forbes, per Mei 2024, kekayaan Huang mencapai 79,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.271 triliun) dan menempati peringkat ke 18 dalam daftar tersebut.

Kekayaan Huang itu tak lepas dari upayanya menjalankan Nvidia selama bertahun-tahun. Ia bahkan menjadi saksi saat Nvidia nyaris bangkrut pada akhir tahun 1990-an.

Tak ingin pengalaman buruk itu terulang, kerja keras Huang kini terbayar. Nvidia menjadi perusahaan yang bernilai lebih dari 2 triliun dollar AS (sekitar Rp 31.988 triliun).

Apalagi Nvidia menjadi salah satu perusahaan yang sangat diuntungkan seiring menanjaknya tren kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI)

Lantas bagaimana rutinitas Jensen Huang yang membuat Nvidia menjadi bernilai triliunan dollar AS seperti sekarang?

Kerja 14 jam sehari, termasuk di hari libur

Jensen Huang rutin bangun pukul 6 pagi. Namun, ia berkata bahwa dirinya bangun dengan rasa cemas akibat kenangan Nvidia yang hampir bangkrut pada akhir 1990-an.

"Saya tidak bangun dengan rasa bangga dan percaya diri, saya bangun dengan rasa cemas," kata Huang dalam New York Times DealBook Summit pada tahun lalu.

Huang juga menyatakan dirinya bekerja setiap hari bahkan di hari libur. Namun dia merasa santai karena menyukai apa yang dia lakukan. Salah satu bidang yang dia sukai yakni perencanaan produk dan perencanaan strategi karena memiliki pengaruh untuk jangka panjang bagi perusahaan.

Baca juga: Bos Nvidia Serahkan Langsung Chip AI DGX H200 Pertama di Dunia ke CEO OpenAI

CEO Nvidia, Jensen HuangNvidia CEO Nvidia, Jensen Huang

Bisa dibilang Huang bekerja di setiap waktunya. Huang bahkan tidak sepakat dengan pendapat sejumlah orang yang menyatakan "pekerjaan terbaik adalah yang memberikan Anda kebahagiaan sepanjang waktu."

Sebab, bos Nvidia ini memikirkan pekerjaannya setiap saat, termasuk saat ia sedang tidak bekerja.

"Saya kerja sedari bangun hingga saya bergegas tidur. Saya bekerja tujuh hari sepekan. Saat saya tidak bekerja, saya memikirkan pekerjaan. Saat saya kerja, saya bekerja," ujar Huang dalam konferensi Stripe Sessions.

"Saat sedang menonton film, saya tidak mengingatnya karena saya sedang memikirikan pekerjaan," imbuhnya.

Lebih banyak interaksi dengan karyawan

Secara personal, Huang mengaku dirinya adalah orang yang perfeksionis, menuntut dan tidak mudah diajak kerja sama. Meski demikian, di kantornya, Jensen Huang sering makan di kantin dan berbincang bersama para staf. Entah itu makan siang, atau makan malam.

"Orang-orang kaget karena banyak waktu yang saya habiskan untuk makan di kantin. Mereka juga heran karena banyak waktu yang saya habiskan untuk berbagai pertemuan dengan semua karyawan," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com