Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Oppo yang Sanggup Belah Durian Bisa Dibeli di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan

Kompas.com - Diperbarui 18/05/2024, 10:25 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Oppo A60 merupakan smartphone terbaru Oppo yang diklaim kuat dan tanah banting. Sebab, ponsel ini sudah mendapatkan sertifikat uji ketahanan militer untuk uji guncangan kencang dengan sertifikat MIL-STD 810H.

Nah, untuk menguji ketangguhan ponsel ini, Oppo "menyulap" Oppo A60 sebagai "pisau" untuk memotong buah durian. Buah ini dikenal sebagai buah yang memiliki cangkang keras dan berduri. 

Pengujian ini dilakukan di sekitar kawasan pabrik Oppo (PT Bright Mobile Communications) yang berlokasi di Kawasan Industri Bayur, Periuk, Tangerang. Dalam pengujian ini, ada lima buah durian yang dipotong langsung oleh Oppo A60 yang telah digenggam beberapa orang. 

Baca juga: Oppo A60 Resmi di Indonesia, HP Tahan Banting Harga Rp 2 Jutaan

Pantauan KompasTekno, proses pemotongan buah durian memerlukan waktu kurang lebih 2-3 menit. Kondisi awal buah durian yang digunakan masih utuh, belum dibuka sedikit pun sehingga tidak ada celah untuk membelahnya.

Dalam proses pemotongan, Oppo A60 dihantamkan ke kulit durian berkali-kali supaya menimbulkan celah goresan, sehingga buah tersebut nantinya bisa terbelah menjadi dua.

Setelah memukul buah durian berkali-kali dengan Oppo A60, buah durian ternyata bisa dibelah dengan sebuah HP dan isinya bisa dinikmati. Video Oppo A60 saat digunakan untuk membelah duren, bisa disimak di TikTok KompasTekno berikut.

@kompastekno sumpah, tontonan terepic selama gue idup sih ini???? #oppo #fyp? #foryoupage #fyp ? original sound - Tekno Kompascom

Lantas, bagaimana kondisi smartphone baru Oppo ini?

Tetap aman setelah dihantamkan berkali-kali

Menariknya, bodi perangkat, layar, hingga modul kamera masih tetap aman alias tidak rusak. Ponsel juga masih bisa digunakan secara normal, sehingga bisa dikatakan ponsel ini cukup tangguh ketika terbentur kulit sekeras buah durian. 

Kondisi HP Oppo A60 setelah dipakai untuk membelah durian di pabrik Oppo di Kawasan Industri Bayur, Periuk, Tangerang, Kamis (16/5/2024).Kompas.com/BILL CLINTEN Kondisi HP Oppo A60 setelah dipakai untuk membelah durian di pabrik Oppo di Kawasan Industri Bayur, Periuk, Tangerang, Kamis (16/5/2024).

Setelah proses pemotongan durian, ponsel bisa dilap dan dibersihkan dengan air. Meski layar terkena air, layar terasa masih responsif, dan ponsel tetap bisa digunakan seperti biasanya tanpa ada gangguan sentuhan layar secara acak (ghost touch).

Baca juga: 5 Besar Vendor Smartphone Indonesia Kuartal I-2024 Versi IDC, Oppo Memimpin

Sudah teruji secara internal

Menurut Oppo Indonesia, Oppo A60 bisa membelah durian karena bodi dan layarnya yang cukup kokoh.

Kekuatan bodi dan layar ponsel tersebut sudah teruji dan, seperti yang sudah disebutkan di atas, sudah mendapatkan sertifikasi ala militer AS untuk uji guncangan MIL-STD 810H.

Secara internal, Oppo juga telah melakukan beberapa pengujian ketangguhan terhadap Oppo A60 di pabrik mereka yang berlokasi di Kawasan Industri Bayur. 

Beberapa tes atau pengujian meliputi uji jatuh (Drop Test), uji jatuh jarak pendek (Micro Drop Test), uji jatuh tak beraturan (Tumbling Barrel Test), uji temperatur dan kelembapan (Temperature Shock), uji pemakaian di ruang lembap (Aging Tes), uji ketahanan terhadap debu) Dust Test, dan masih banyak lagi.

Khusus uji jatuh atau Drop Test, Oppo A60 akan dijatuhkan dari ketinggian 1 meter, dengan 6 bidang, 8 sudut, dan 12 garis tepi masing-masing menghadap ke bawah sebanyak 12-32 kali. 

Ilustras Micro Drop Test Oppo A60 di Pabrik Oppo di Kawasan Industri Bayur, Periuk, Tangerang pada Kamis (16/5/2024).Oppo Ilustras Micro Drop Test Oppo A60 di Pabrik Oppo di Kawasan Industri Bayur, Periuk, Tangerang pada Kamis (16/5/2024).

Kemudian untuk Micro Drop Test, Oppo A60 akan dijatuhkan dari ketinggian 10 cm lebih dengan jumlah 14.000 kali. Uji jatuh dari jarak dekat ini berlaku untuk semua sisi ponsel, mulai dari layar, punggung, hingga bingkai perangkat. 

Baca juga: Oppo A60 Resmi dengan Layar Jumbo dan Baterai Fast Charging 45 Watt

Untuk uji temperatur, ponsel akan didiamkan di suatu ruangan bersuhu 65 derajat dengan kelembapan 95 persen selama tujuh hari. Ponsel lantas akan diletakkan di posisi yang sama, namun suhu akan berubah menjadi suhu -40 dan meningkat hingga 75 derajat Celcius selama tujuh hari. 

Lalu untuk Dust Test, ponsel akan ditempatkan di suatu ruangan penuh debu selama sekitar 8 jam.

Oppo A60 sudah bisa dibeli di marketplace mitra Oppo dengan harga Rp 2,6 juta (8 GB/128 GB). Varian warna yang tersedia adalah Midnight Purple dan Ripple Blue.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Tekno (@teknokompas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com