Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukti Tablet Xiaomi Redmi Pad Pro Segera Masuk Indonesia

Kompas.com - 18/05/2024, 08:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sub-merek Xiaomi, Redmi tampaknya bakal segera merilis tablet terbarunya, Redmi Pad Pro ke pasar Indonesia dalam waktu dekat. 

Indikasinya, perangkat yang diyakini sebagai Redmi Pad Pro telah terdaftar di laman sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kominfo.

Pantauan KompasTekno, Jumat (17/5/2024), tablet ini terdaftar dengan nomor sertifikat 99163/SDPPI/2024 atas pengajuan dari PT Xiaomi Technology Indonesia pada 7 Mei 2024.

Listing Postel merinci tablet komputer dengan nomor model Redmi "2405CRPFDG". Ketika kami telusuri, perangkat Redmi 2405CRPFDG tersebut mengarah pada tablet Redmi Pad Pro yang dirilis di China pada April lalu.

Baca juga: Xiaomi Redmi Pad Pro Meluncur, Tablet 12 Inci dengan Snapdragon 7s Gen 2

Tablet Redmi 2405CRPFDG yang diyakini sebagai Redmi Pad Pro terdaftar di Postel. Ini mengindikasikan tablet Redmi Pad Pro sudah memenuhi salah satu syarat untuk segera dipasarkan di Indonesia.Postel Ditjen SDPPI Kominfo Tablet Redmi 2405CRPFDG yang diyakini sebagai Redmi Pad Pro terdaftar di Postel. Ini mengindikasikan tablet Redmi Pad Pro sudah memenuhi salah satu syarat untuk segera dipasarkan di Indonesia.
Tablet Redmi Pad Pro ini tampaknya akan segera dirilis di pasar global, termasuk Indonesia. Sebab, perangkat Redmi 2405CRPFDG yang sama juga sudah terdaftar di laman sertifikasi IMDA milik Singapura dan laman FCC AS.

Di India, tablet Redmi Pad Pro diyakini terdaftar dengan nomor model Redmi 24074RPD2I (huruf "I" mengacu pada "India"), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Sabtu (18/5/2024).

Xiaomi maupun Redmi belum mengumumkan kehadiran tablet kelas menengah ini ke pasar global, termasuk di Indonesia. Xiaomi sendiri baru meluncurkan tablet Xiaomi Pad 6S Pro seharga Rp 8 juta di Tanah Air pada awal Mei lalu.

Jika benar akan segera dipasarkan di Indonesia, maka Redmi Pad Pro akan meneruskan lini tablet Redmi di Indonesia sebelumnya seperti Redmi Pad reguler (2022) dan Redmi Pad SE (2023).

Sebagai gambaran, berikut spesifikasi Redmi Pad Pro di China.

Baca juga: Xiaomi Umumkan Daftar Terbaru Perangkat yang Kebagian HyperOS, Ada Redmi Pad SE

Spesifikasi Redmi Pad Pro di China

Redmi Pad Pro dibekali tablet dengan layar IPS LCD 12,1 inci (2.560 x 1.600 piksel, 16:0) yang memiliki refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan 600 nits, dan dilindungi kaca Gorilla Glass 3.

Dapur pacu Redmi Pad Pro mengandalkan chip Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 yang diklaim berkinerja jauh lebih tinggi dibandingkan MediaTek Helio G99 di tablet Redmi Pad versi non-pro.

Lebih tepatnya, performa CPU Snapdragon 7s Gen 2 disebut lebih tinggi 51 persen dari Helio G99, sementara pengolah grafisnya 100 persen lebih kencang.

Tablet Xiaomi Redmi Pad Pro varian warna hijauXiaomi Tablet Xiaomi Redmi Pad Pro varian warna hijau

Xiaomi menyediakan dua pilihan kapasitas RAM untuk Redmi Pad Pro, yakni 6 GB atau 8 GB, sementara media internalnya sebesar 128 GB atau 256 GB.

Dari segi desain, Redmi Pad Pro tampil beda dari tablet redmi sebelumnya, terutama di bagian belakang di mana terdapat dua buah modul lingkaran berukuran besar yang masing-masing memuat kamera belakang 8 MP dan LED flash.

Kamera depan Redmi Pad Pro yang juga beresolusi 8 MP ditempatkan di bingkai layar di salah satu sisi panjangnya, sehingga akan bertengger di atas layaknya webcam laptop ketika perangkat digunakan dalam orientasi horizontal (landscape).

Xiaomi turut menyematkan empat buah speaker di sisi-sisi Redmi Pad Pro, berikut dukungan audio Dolby Atmos. Tablet ini juga masih menyediakan konektor audio 3,5 inci untuk menancapkan earphone atau headset berkabel.

Baca juga: Tablet Xiaomi Redmi Pad SE: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Redmi Pad Pro yang dibekali baterai 10.000 mAh dengan fast charging 33 watt juga sudah menjalankan sistem operasi HyperOS berbasis Android 14, sehingga bisa terhubung dengan mudah ke PC Xiaomi yang kompatibel dan dapat menjadi layar kedua.

Adapun harga Redmi Pad Pro di China adalah sebagai berikut:

  • 6/128 GB - 1.499 yuan (sekutar Rp 3,3 juta)
  • 8/256 GB - 1.799 yuan (sekitar Rp 4 juta)

Untuk spesifikasi dan harga Redmi Pad Pro di Indonesia, baru akan diumumkan saat peluncuran. Namun, hingga kini, Xiaomi Indonesia belum memberikan kisi-kisi apa pun soal kehadiran tablet ini di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com