Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Fitur AI Baru yang Akan Hadir di Android

Kompas.com - 18/05/2024, 16:35 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TomsGuide

KOMPAS.com - Kecerdasan buatan alias AI (artificial intelligence) menjadi sajian utama dalam konferensi developer tahunan Google I/O 2024 yang digelar pekan ini.

Google pun ikut mengumumkan sejumlah fitur AI baru yang akan dihadirkan ke perangkat mobile berbasis Android. Kira-kira ada apa saja? Berikut ini daftarnya.

1. Circle to Search bisa kerjakan soal matematika

Fitur Circle to Search, yang telah lebih dahulu ada di ponsel Samsung Galaxy S24 Ultra dan Google Pixel 8, bakal ditingkatkan kemampuannya sehingga ikut bisa membantu siswa sekolah mengerjakan tugas.

Baca juga: Berkat AI, Cari Foto di Google Photos Jadi Gampang

Dengan hanya melingkari perintah atau pertanyaan pada perangkat, siswa akan dapat langsung menerima petunjuk langkah demi langkah untuk dapat menuntaskan soal-soal fisika dan matematika, langsung dari sumber materi digital atau silabus yang mereka gunakan.

Google menegaskan, peningkatan pada fitur Circle to Search juga turut membuat fitur AI ini mampu memahami rumus-rumus simbolik, diagram, grafik, dan lainnya.

2. TalkBack dengan integrasi Gemini Nano

Dengan integrasi Gemini Nano, Fitur TalkBack akan diperkaya dengan kemampuan multimodal, yang dapat memberikan deskripsi pada gambar dengan lebih detail bagi pengguna tunanetra atau yang memiliki keterbatasan penglihatan.

Peningkatan ini dirancang untuk mengisi kekosongan informasi dalam gambar, dengan lebih cepat dan efektif. Sebab, Google mengungkapkan bahwa pengguna TalkBack bisa menemui sekitar 90 gambar tanpa deskripsi setiap harinya.

Baca juga: Google Rilis AI Gemini 1.5 Pro, Bisa Analisis Lebih Banyak Data dan Input

3. Input foto dan video untuk Gemini Nano

Google mengumumkan bahwa Gemini Nano, model AI yang terintegrasi langsung ke dalam sistem operasi Android, akan mendapatkan peningkatan, yang disebut ‘Gemini Nano dengan Multimodality’. Ponsel Google Pixel menjadi perangkat pertama yang mendapatkannya

Multimodal ini memungkinkan pengguna menggunakan berbagai input media seperti teks, foto, video, dan suara untuk berinteraksi dengan Gemini dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan, informasi pertanyaan, dan masih banyak lagi.

4. Pendeteksi telepon penipuan secara real time

Google juga mengumumkan fitur AI untuk melindungi pengguna Android dari penipuan alias scam lewat telepon secara real-time.

Fitur ini mengandalkan kemampuan Gemini Nano  untuk memberikan peringatan dalam panggilan ketika sistem mendeteksi pola-pola percakapan yang biasanya terkait dengan aktivitas penipuan.

Baca juga: Peringatan tentang AI yang Pintar Menipu dan Bahayanya bagi Manusia

Sebagai contoh, pengguna akan mendapat peringatan jika ada penelepon yang meminta mereka untuk segera melakukan transfer dana, membayar dengan kartu gift, atau meminta informasi pribadi seperti PIN kartu atau kata sandi.

Berkat Gemini Nano, semua mekanisme perlindungan ini dijalankan langsung di perangkat, sehingga semua percakapan pengguna tetap rahasia, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TomsGuide, Sabtu (18/5/2024).

Fitur-fitur di atas akan digulirkan secara bertahap ke perangkat-perangkat Android. Sebagian akan hadir perdana di seri ponsel Pixel Google. Untuk pendeteksi scam, fitur tersebut dijadwalkan bakal tersedia sebagai opsi opt-in menjelang akhir 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com