Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TCL Bikin HP Layar Lipat Tiga Ukuran 7,8 Inci

Kompas.com - 20/05/2024, 13:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Perusahaan elektronik asal China, TCL memamerkan smartphone lipat tiga pertama di dunia dengan ukuran layar 7,85 inci, dalam pameran teknologi SID 2024, San Jose, Amerika Serikat.

TCL sebelumnya juga pernah memamerkan ponsel lipat tiga pada 2020, tetapi saat itu ukuran layarnya adalah 10 inci. Duo ponsel foldable ini masih bersifat purwarupa (prototype) saja.

Layar lipat tiga yang diberi nama "Free-type" ini merupakan teknologi yang dikembangkan oleh TCL Huaxing.

Baca juga: Membosankan dan Mirip Semua, Alasan Samsung Bikin Ponsel Layar Lipat

Teknologi ini disebut mendukung konfigurasi lipatan "G-shaped" (berbentuk G) dan "Z-shaped" (berbentuk Z), walaupun konfigurasi tersebut tidak dijelaskan lebih rinci.

Yang jelas, smartphone ini memiliki mekanisme lipatan buku ala Samsung Galaxy Fold, bedanya Samsung Fold hanya memiliki dua layar yang dilipat menjadi satu, sedangkan ponsel TCL ini mempunyai tiga layar yang dilipat menjadi satu.

Tidak dijelaskan teknologi engsel (hinge) yang digunakan, tetapi diketahui ponsel lipat tiga TCL pada 2020 menggunakan engsel Dragon hinge dan engsel Butterfly hinge.

Engsel Dragon hinge memungkinkan pengguna melipat sisi layar ke dalam, sedangkan engsel Butterfly hinge digunakan untuk melipat sisi layar keluar.

Layar ponsel lipat tiga terbaru ini diklaim bisa dibentangkan secara rata alias tidak meninggalkan bekas lipatan. Ketika terbentang, rasio layarnya mirip seperti rasio aspek tablet pada umumnya.

Untuk diketahui, tablet biasanya memiliki rasio aspek 16:10, 16:9, atau 4:3.

Panel ini memiliki ketebalan 472 mikron atau kurang dari 0,5 mm. Secara keseluruhan, perangkat ini mempunyai ketebalan 17 mm, sehingga ringkas dan portabel. Bingkai (bezel) layar juga tipis sehingga layar terasa lebih luas.

Baca juga: HP Android TCL 50 XL 5G Meluncur dengan Kamera Utama 50 MP

Ada sejumlah teknologi hemat daya yang diadopsi oleh layar ponsel ini, termasuk Tandem, LTPO, dan PLP.

Trio teknologi ini sejatinya memungkinkan pengguna memanfaatkan layar dengan tingkat kecerahan (brightness) yang tinggi, tetapi dengan menghemat daya.

Selain layar lipat tiga, TCL Huaxing juga memamerkan teknologi autentikasi wajah di bawah layar (under-screen). Ini menjadi pertama kalinya autentikasi itu digunakan untuk layar lipat tiga berukuran 7,85 inci.

Ponsel lipat tiga TCL dalam konfigurasi terbentangGizChina Ponsel lipat tiga TCL dalam konfigurasi terbentang
Teknologi ini mengadopsi desain sensor di bawah panel (Sensor under panel/SUP), yang memungkinkan pengalaman biometrik yang mulus dan aman.

Teknologi tersebut kompatibel dengan pemindai wajah 3D tanpa perlu slot atau lubang tambahan di bagian depan ponsel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com