Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone iQoo Z9 dan Z9x Resmi Masuk Indonesia, Harga Mulai Rp 3 Jutaan

Kompas.com - 21/05/2024, 11:24 WIB
Oik Yusuf,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Sesuai dengan teaser yang sudah disebar sebelumnya di media sosial, iQoo merilis iQoo Z9 dan Z9x di Indonesia lewat acara yang digelar di Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Sebelumnya, lini ponsel iQoo Z9 yang terdiri dari tiga model sudah lebih dulu meluncur di China pada akhir lalu. Ketika itu tersiar kabar bahwa dua di antaranya memang akan hadir di Indonesia.

"Di iQoo Z9, kami memberikan performa tinggi lewat penggunaan chip yang bertenaga," ujar Head of Product iQoo Indonesia, Praditya A. Putra, saat memperkenalkan kedua ponsel di acara. 

IQoo Z9 merupakan ponsel menengah dengan sejumlah fitur andalan seperti chip Snapdragon 7 Gen 3 dan fast charging 80 watt, sementara Z9x diposisikan sebagai model dengan harga lebih terjangkau. 

Head of Product iQoo Indonesia, Praditya A. Putra saat memperkenalkan iQoo Z9 dan Z9x di Jakarta, Selasa (21/5/2024).KOMPAS.com/Oik Yusuf Head of Product iQoo Indonesia, Praditya A. Putra saat memperkenalkan iQoo Z9 dan Z9x di Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Kedua ponsel sama-sama dibekali baterai jumbo 6.000 mAh, bodi ramping, serta ketahanan terhadap air dan debu dengan sertifikasi IP64. 

Baca juga: 5 Besar Vendor Smartphone Indonesia Kuartal I-2024 Versi IDC, Oppo Memimpin

Menurut Praditya, hal tersebut dimaksudkan agar iQoo Z9 dan Z9X mampu diandalkan dalam mendampingi akrivitas sehari-harin penggunanya.

"Karena istilah, baterai di ponsel Z series selalu berkapasitas besar," ujar Praditya. 

Baca juga: Menjajal IQoo Z9x 5G, HP Menengah dengan Baterai 6.000 MAh

Spesifikasi iQoo Z9 di Indonesia

iQoo Z9 sebenarnya duduk di urutan tengah lini ponsel Z9, setingkat di bawah Z9 Turbo. Meskipun demikian, spesifikasinya tetap tergolong mumpuni.

Misalnya, layar iQoo Z9 menggunakan panel AMOLED dengan diagonal 6,78 inci (2.800 x 1.260 piksel), kecerahan mencapai 4.500 nits (HDR Peak Brightness), serta refresh rate hingga 144 Hz. Di bagian bawah layar terdapat in-display fingerprint scanner.

Dapur pacu ponsel ini mengandalkan chip Snapdragon 7 Gen 3 dari Qualcomm, dipadukan dengan RAM berkapasitas 12 GB dan media penyimpanan 512 GB. 

Baterainya berkapasitas besar, 6.000 mAh dengan dukungan fast charghing 80 watt. Namun, bodi ponsel tetap ramping dengan ketebalan hanya 8 mm karena iQoo menerapkan teknologi baterai graphite yang diklaim sangat tipis. 

Fitur lain dari iQoo Z9 termasuk speaker stereo, remote IR blaster, dan NFC. Melengkapi deretan komponennya, iQoo Z9 dibekali dengan kamera utama 50 MP (f/1.8) bersensor Sony IMX882, kamera depth sensor 2 MP (f/2.4), dan kamera depan 16 MP (f/2.5). 

iQoo Z9 yang menjalankan sistem operasi Android 14 dengan antarmuka Funtouch OS 14 tersedia dalam pilihan warna Breeze Green dan Phantom Black.  

Spesifikasi iQoo Z9x di Indonesia

iQoo Z9x 5G dan kotak kemasannyaKOMPAS.com/ OIK YUSUF iQoo Z9x 5G dan kotak kemasannya

Sebagai "adik" dari iQoo Z9, Z9x memiliki tampilan yang agak mirip dengan modol kamera belakang berbentuk persegi yang sudut-sudutnya membulat. Namun, di balik fisiknya terdapat banyak perbedaan spesifikasi.

Baca juga: 5 Smartphone dengan Radiasi Paling Tinggi, Xiaomi Mendominasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com