Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal IQoo Z9x 5G, HP Menengah dengan Baterai 6.000 MAh

Kompas.com - 21/05/2024, 13:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com -Usai hadir perdana di pasaran China beberapa waktu lalu, duo ponsel menengah terbaru dari iQoo kini sudah hadir di Indonesia, yakni iQoo Z9 dan iQoo Z9x.

Dari keduanya, iQoo Z9x diposisikan sebagai alternatif lebih terjangkau dengan harga lebih murah. Meskipun begitu, ponsel ini tetap dibekali dengan sejumlah fitur menarik seperti baterai jumbo, layar 120 Hz, dan speaker stereo.

Baca juga: HP iQoo Z9 5G dan Z9x Rilis di Indonesia 21 Mei, Intip Spesifikasinya

KompasTekno menerima iQoo Z9x 5G varian warna Northern Green. Kira-kira seperti apa penampilan dan aksesori pelengkap di dalam kemasannya?

Paket penjualan lengkap

Ponsel iQoo Z9x 5G di dalam kemasanKOMPAS.com/ OIK YUSUF Ponsel iQoo Z9x 5G di dalam kemasan

iQoo Z9x menyertakan fast charger 44 watt di dalam kotak kemasannya KOMPAS.com/ OIK YUSUF iQoo Z9x menyertakan fast charger 44 watt di dalam kotak kemasannya
IQoo Z9x 5G datang dalam kotak kemasan berwarna hitam yang tidak menampakkan gambar perangkat ataupun nama modelnya sehingga terkesan misterius. Hanya ada logo "iQoo" dengan latar belakang huruf "Z" berukuran besar di bagian muka.

Barulah di sisi belakang terdapat stiker berisi keterangan perangkat apa yang terdapat di dalam kemasan. Unit yang diterima KompasTekno memiliki RAM 12 GB yang terbilang besar untuk ukuran smartphone menengah, berikut storage 256 GB.

Baca juga: iQoo Watch, Smartwatch Perdana iQoo Kembaran Vivo Watch 3, Ini Spesifikasinya

Aksesori di dalam kemasan iQoo Z9x 5G ternyata lengkap. Selain booklet panduan singkat dan garansi, terdapat soft case transparan untuk melindungi perangkat.

iQoo juga menyertakan sebuah kabel tipe USB A ke USB C berikut charger dengan output 44 watt. Z9x 5G memang mendukung fast charging dengan daya sebesar itu. Di dasar kemasan juga ada sebuah SIM card ejector tool.

Kelengkapan aksesori iQoo Z9x 5GKOMPAS.com/ OIK YUSUF Kelengkapan aksesori iQoo Z9x 5G

Plastik, tapi menarik

Dari segi tampilan, iQoo Z9x 5G sebenanrya memiliki tampilan yang mirip dengan "kakaknya", iQoo Z9. Hanya saja, terdapat sejumlah perbedaan elemen desain seperti modul kamera yang sudut-sudutnya membulat, meskipun sama-sama berbentuk persegi.

Sesuai namanya, varian "Northern Green" ini berwarna hijau muda. Bagian punggung iQoo Z9x 5G terbuat dari bahan plastik bertekstur kesat yang sekilas terlihat seperti kaca dengan finishing frosted.

Terdapat pola menyerupai pusaran air yang tampak menarik karena berubah-ubah tergantung sudut pandang mata. Bagian frame juga terbuat dari plastik dengan warna senada. Di sisi kanannya terdapat tombol daya yang merangkap pemindai sidik jari side-mounted.

Bagian belakang iQoo Z9x 5G varian warna Northern GreenKOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian belakang iQoo Z9x 5G varian warna Northern Green

Sisi bawah iQoo Z9x 5GKOMPAS.com/ OIK YUSUF Sisi bawah iQoo Z9x 5G

Di bagian bawah terdapat konektor USB C dan jack audio 3,5 mm, berikut loudspeaker pertama. Speaker kedua diletakkan di bezel layar bagian atas, menyatu dengan earpiece, sehingga iQoo Z9x 5G mampu menghasilkan keluaran suara stereo.

Layar iQoo Z9x 5G sendiri berukuran cukup besar dengan diagonal 6,72 inci dan jenis panel IPS LCD (2.408 x 1.080 piksel). Refresh rate maksimalnya mencapai 120 HZ.

Baca juga: HP Vivo T3 5G Resmi, Kembaran iQoo Z9 dengan Desain yang Berbeda

Kamera depan dimuat di dalam punch hole dan memiliki resolusi 8 MP (f/2.1). Rangkaian kamera belakang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8) dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4)

Laci SIM iQoo Z9x 5G memiliki laci SIM berjenis hybridKOMPAS.com/ OIK YUSUF Laci SIM iQoo Z9x 5G memiliki laci SIM berjenis hybrid

Tombol daya di sisi kanan iQoo Z9x 5G sekaligus merangkap sebagai pemindai sidik jariKOMPAS.com/ OIK YUSUF Tombol daya di sisi kanan iQoo Z9x 5G sekaligus merangkap sebagai pemindai sidik jari
Laci SIM card terletak di sisi kiri perangkat. Jenisnya hybrid sehingga bisa menampung dua buah nano SIM card atau satu buah SIM card dan satu buah kartu memori microSD. Satu fitur lain yang tak kalah penting adalah ketahanan terhadap air dan debu dengan sertifikat IP64.

Di tangan, iQoo Z9x terasa cukup ringan dan nyaman digenggam meskipun tanpa soft case tambahan, meskipun punggungnya sedikit licin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com