Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Rilis Galaxy Book4 Edge, Laptop dengan Galaxy AI

Kompas.com - 21/05/2024, 18:08 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung mengumumkan model laptop terbaru dari keluarga Galaxy Book4 series, yakni Galaxy Book4 Edge, Selasa (21/5/2024). Laptop dengan sistem operasi Windows 11 ini hadir dalam model 14 inci dan 16 inci.

Samsung menyebut Galaxy Book4 Edge sebagai PC AI generasi baru karena laptop ini sudah ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon X Elite. Prosesor ini memiliki 12 Core CPU Oryon 4 nm dan GPU Adreno.

Snapdragon X Elite turut dibekali NPU alias Neural Processing Unit Hexagon untuk menangani pengolahan kecerdasan buatan (artificial intelligence/ AI).

Samsung menyebut, dengan kekuatan pemrosesan NPU 45 TOPS (trillion operations per second), prosesor ini mendukung Galaxy Book4 Edge dengan performa mumpuni, terutama untuk akselerasi kemampuan AI di semua fungsi.

Baca juga: Samsung Kuasai Pasar Ponsel Global berkat Galaxy AI

Laptop ini pun dibekali beragam fitur AI termasuk Galaxy AI yang dikembangkan Samsung. Adapun fitur Galaxy AI yang bisa dinikmati pengguna laptop Galaxy Book4 Edge meliputi Circle to Search untuk mencari berbagai hal dengan melingkari gambar objek tanpa buka Google.

Ada juga Chat Assist, fitur AI ini menawarkan opsi terjemahan, rekomendasi gaya penulisan teks, hingga perbaikan ejaan dan tata bahasa pada teks di Google Message, WhatsApp, dan e-mail.

Kemudian, ada Live Translate, berfungsi sebagai penerjemah suara dan teks dua arah yang berfungsi secara real-time pada panggilan telepon konvensional via aplikasi Samsung Phone, sebagaimana dihimpun dari laman Samsung Newsroom.

Samsung Galaxy Book4 Edge merupakan PC Copilot+. PC Copilot+ adalah PC Windows tercepat dan tercerdas yang pernah dibuat, dengan kemampuan 40+ TOPS (trillion operations per second).Microsoft Samsung Galaxy Book4 Edge merupakan PC Copilot+. PC Copilot+ adalah PC Windows tercepat dan tercerdas yang pernah dibuat, dengan kemampuan 40+ TOPS (trillion operations per second).
Tak hanya itu, Samsung juga bekerja sama dengan Microsoft untuk menghadirkan Galaxy Book4 Edge sebagai PC Copilot Plus. Menurut Microsoft di blog resminya, perangkat yang masuk kategori PC Copilot Plus adalah PC Windows tercepat dan tercerdas yang pernah dibuat, dengan kemampuan 40+ TOPS.

Baca juga: Microsoft Umumkan Copilot+ PC, Standar Laptop dengan Dukungan AI

Laptop ini punya tombol Copilot (Copilot key). Untuk aktivitas sehari-hari, pengguna Galaxy Book4 Edge bisa mengandalkan asisten AI Copilot untuk menyetel alarm, menyimpan kontak, mengirim pesan, hingga mengakses smartphone melalui perintah suara Copilot.

Copilot disebut juga bisa memberikan saran tindakan langkah selanjutnya untuk meningkatkan produktivitas pengguna.

Spesifikasi Galaxy Book4 Edge

Samsung Galaxy Book4 Edge mendukung fitur Galaxy AI dan Copilot.Samsung Newsroom Samsung Galaxy Book4 Edge mendukung fitur Galaxy AI dan Copilot.
Laptop Galaxy Book4 ukuran 14 inci dan 16 inci kompak dibekali layar AMOLED beresolusi 3K (2.880 x 1.800 piksel), refresh rate 120 Hz, rasio aspek 16:10, tingkat kecerahan 500 nits, serta mendukung sentuhan (touchscreen).

Untuk kamera, laptop ini dilengkapi kamera depan 2 MP mendukung perekaman 1080p atau Full HD.

Galaxy Book4 Edge dilengkapi RAM 16 GB dan storage 512 GB/1TB. Untuk dayanya, model 14 inci ditopang baterai 55,9 Wh, sementara model 16 inci dibekali baterai 61,8 Wh. Dayanya bisa diisi lewat port USB-C dengan adapter charger bawaan 65 watt.

Ada juga dua mikrofon dan empat speaker berteknologi Dolby Atmos. Adapun port yang disertakan meliputi dua port USB4, port HDMI 2.1, dan jack headphone 3,5 mm. Model 16 inci juga memiliki tambahan port port USB 3.2 Tipe-A dan pembaca kartu microSD.

Samsung Galaxy Book4 Edge akan diluncurkan pada 18 Juni di pasar global, termasuk Prancis, Jerman, Italia, Korea Selatan, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat.

Baca juga: Samsung Umumkan Laptop Galaxy Book 2 Pro 360 Versi Snapdragon 8cx Gen 3

Harga Samsung Galaxy Book4 Edge pun masih harus menunggu perilisan resmi bulan depan. Namun, menurut rumor yang beredar, laptop ini bakal dijual dengan harga sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Selasa (21/5/2024):

  • Samsung Galaxy Book4 Edge 14 inci - 20.927 krona (sekitar Rp 31,3 juta)
  • Samsung Galaxy Book4 Edge 16 inci - 22.085 krona (sekitar Rp 33 juta)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com