Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 15 Kurang Laku di China, Apple Gelar Diskon Besar-besaran

Kompas.com - 22/05/2024, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Apple tampaknya masih kesulitan menjual iPhone 15 di China. Buktinya, Apple terus memberikan diskon smartphone terbarunya itu di Negeri Tirai Bambu.

Setelah memberikan diskon bulan Februari lalu, kini Apple mengguyur diskon lagi untuk periode 20-28 Mei 2024. Nilainya bahkan lebih besar.

Di toko resmi yang ada di lokapasar Tmall Alibaba misalnya, Apple menawarkan diskon sampai 2.300 yuan (sekitar Rp 5 jutaan ) untuk model tertentu. Potongannya dua kali lipat lebih besar dibanding promosi Februari lalu, dengan potongan tertinggi sebesar 1.150 yuan (sekitar Rp 2,5 juta).

Diskon paling besar diterapkan untuk model tertinggi, yaitu iPhone 15 Pro Max 1 TB. Meski demikian, model lainnya juga mendapat diskon.

Baca juga: Komparasi: Spesifikasi iPhone 15 Plus vs iPhone 15 Pro

Contohnya iPhone 15 Pro Max 256 GB kini bisa dipinang konsumen seharga 7.949 yuan (sekitar Rp ). Padahal harga ponsel ini saat dirilis adalah 9.999 yuan (sekitar Rp )

Kemudian iPhone 15 128 GB bisa dibeli seharga 4.599 yuan (sekitar Rp ), turun dari harga perdananya sebesar 5.999 yuan (sekitar Rp ).

Program promosi ini konon disediakan Apple untuk menghadapi persaingan yang makin meningkat di China, khususnya dari Huawei. Sebab, Huawei meluncurkan smartphone flagship baru pada April lalu yakni Pura 70.

Program diskon yang digelar Februari lalu tampaknya membantu mengatasi pelambatan penjualan iPhone.

Menurut analisis Reuters didasarkan pada data China Academy of Information and Communications Technology (CAICT), pengiriman Apple di China naik 12 persen pada bulan Maret.

Angka itu naik signifikan dibanding dua bulan pertama 2024, di mana pengiriman Apple anjlok sebesar 37 persen. Untuk itu, Apple kembali menawarkan diskon lagi demi menggenjot penjualan iPhone di China, dilansir dari Reuters, Rabu (22/5/2024).

Baca juga: Komparasi: Spesifikasi iPhone 15 Vs iPhone 15 Plus

Penjualan iPhone seret di China

Satu bulan sejak dirilis ke publik, harga iPhone 15 series sudah dipangkas oleh sejumlah lokapasar China termasuk JD.com dan Pinduoduo. Pemangkasan harga ini terjadi setelah isu iPhone 15 kurang laku di China mencuat ke publik.

Menurut firma riset Counterpoint Research, penjualan iPhone 15 di China selama 17 hari pertama setelah dirilis, turun 4,5 persen dibanding iPhone 14. Tidak dirinci berapa selisih jumlah unitnya.

Counterpoint menyebut, lesunya penjualan iPhone 15 series di China disebabkan oleh peluncuran Huawei Mate 60 series, ditambah dengan perekonomian China yang dinilai masih belum stabil pasca pandemi.

Penjualan iPhone 15 bahkan ditaksir lebih rendah lagi dengan proyeksi penurunan dua digit. Hal ini disampaikan oleh Edison Lee, analis dari perusahaan jasa keuangan, Jefferies Group.

Selain Mate 60 series, kendala lainnya yang membuat penjualan iPhone 15 anjlok yaitu sejumlah masalah, salah satunya soal overheat, sehingga membuat permintaan akan ponsel tersebut menurun.

Baca juga: 8 Masalah iPhone 15 yang Banyak Dikeluhkan, Tak Cuma Overheat dan Layar Burn-in

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com