Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Infinix GT 20 Pro, HP Gaming Rp 4 Jutaan dengan Lampu RGB

Kompas.com - 22/05/2024, 16:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Infinix meresmikan kehadiran ponsel terbarunya di Indonesia lewat acara peluncuran yang digelar di Jakarta, Selasa (21/5/2024). Perangkat bernama Infinix GT 20 Pro tersebut digadang-gadang sebagai ponsel gaming e-sports di segmen harga menengah.

Desain Infinix GT 20 Pro mengetengahkan tema "Mecha". Tampilannya pun sarat garis-garis tegas serupa bentuk robot. Di bagian belakang terdapat lampu RGB berbentuk cincin setengah lingkaran.

Baca juga: Infinix GT 20 Pro 5G Meluncur, HP Gaming Harga Rp 4 Jutaan

Di bagian dalamnya, Infinix GT 20 Pro juga dibekali dengan spesifikasi yang terbilang mumpuni untuk kelasnya, termasuk chip MediaTek Dimensity 8200 Ultimate yang dipasangkan dengan chip Pixelworks X5 Turbo untuk mendukung kinerja gaming.

Kemasan unik ponsel resmi MDL 2024

Infinix GT 20 Pro datang dalam kotak kemasan yang terbilang unik. Bagian luarnya dilapis jaket kertas bertema warna biru-hitam yang memampang nama produk berikut logo MDL (MLBB Development League) Season 10.

Kotak kemasan Infinix GT 20 Pro dilapis jaket berbahan kertasKOMPAS.com/ OIK YUSUF Kotak kemasan Infinix GT 20 Pro dilapis jaket berbahan kertas

Perangkat ini memang menjadi Official Gaming Phone MDL 2024 musim 9 dan 10. Adapun MDL merupakan turnamen e-sports profesional game Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) dari Moonton selaku pengembangnya.

Setelah jaket kertas dibuka, barulah tampak kotak kemasan Infinix GT 20 Pro yang sebenarnya. Rancangannya juga unik dengan dua lipatan yang membuka ke arah luar seperti kusen jendela dan bagian dasar yang menempel ke jaket luar.

Di dalamnya, barulah ditemukan ponsel Infinix GT 20 Pro di balik folder karton yang menyimpan sejumlah pelengkap. Aksesori yang disertakan terbilang lebih lengkap dari biasanya.

Charger 45 watt dan kabel USB A ke USB C model siku di dalam kemasan Infinix GT 20 ProKOMPAS.com/ OIK YUSUF Charger 45 watt dan kabel USB A ke USB C model siku di dalam kemasan Infinix GT 20 Pro

Di samping hard case plastik yang dirancang khusus agar tidak menutupi lampu RGB di punggung ponsel, ada sebuah screen protector tempered glass. Instruksi pemasangan screen protector ikut disertakan, berikut panduan penggunaan singkat dan SIM card ejector tool.

Baca juga: Mengenal Transsion, Perusahaan HP China Induk Infinix, Tecno, dan Itel

Setelahnya, di dasar kemasan terdapat sebuah charger dengan keluaran daya 45 watt, seperti di stiker yang tertempel. Infinix turut menyertakan kabel USB A ke USB C dengan ujung berbentuk menyiku (L, 90 derajat) agar lebih nyaman digunakan mengisi daya sambil bermain.

Aksesori pelengkap di dalam kemasan Infinix GT 20 ProKOMPAS.com/ OIK YUSUF Aksesori pelengkap di dalam kemasan Infinix GT 20 Pro

Desain "Mecha" dengan lampu RGB

Infinix GT 20 Pro mengetengahkan rancangan "Cyber Mecha Design" dengan tampilan bercorak garis geometris serba lurus. Bentuk bodinya terkesan "kotak" dengan sudut-sudut yang tegas, tapi untungnya membulat sehingga tak menusuk tangan saat digengam.

Meskipun memiliki layar cukup lebar, perangkat ini terasa ringan karena bobotnya kurang dari 190 gram, tepatnya hanya 187 gram. Bodinya juga ramping dengan ketebalan sekitar 8 mm.

Baca juga: Infinix Note 40 Pro 5G: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Unit yang diterima KompasTekno merupakan varian warna Mecha Silver. Bagian punggungnya berhias pola geometris dengan finishing serba mengilap sehingga rawan menampakkan noda sidik jari. Demikian pula dengan frame di pinggiran perangkat yang berwarna chrome.

Infinix GT 20 Pro memiliki layar AMOLED 6,78 inci dengan resolusi FHD Plus dan refresh rate 144 HzKOMPAS.com/ OIK YUSUF Infinix GT 20 Pro memiliki layar AMOLED 6,78 inci dengan resolusi FHD Plus dan refresh rate 144 Hz

Sisi belakang Infinix GT 20 Pro dengan lampu LED dalam keadaan tidak menyalaKOMPAS.com/ OIK YUSUF Sisi belakang Infinix GT 20 Pro dengan lampu LED dalam keadaan tidak menyala
Elemen desain paling menarik di sisi belakang ini adalah lampu RGB berbentuk huruf "C" yang disebut sebagai "Cyber Mecha Lighting". Fungsinya adalah sebagai indikator event tertentu seperti charging atau notifikasi masuk.

Tersedia sejumlah efek pencahayaan yang bisa dipilih oleh pengguna. Lampu RGB juga bisa diatur agar menyala terus menerus dengan mengaktifkan "Party mode" di menu pengaturan, tapi dengan catatan pemakaian daya akan lebih boros.
Baca juga: Smart TV Infinix 43XS Rilis di Indonesia, Harga Rp 2,5 Juta

Layar Infinix GT 20 Pro menggunakan panel AMOLED 6,78 inci dengan resolusi FHD+ dan refresh rate mencapai 144 Hz. Di bagian atasnya terdapat punch hole yang memuat kamera selfie 32 MP (f/2.2), sementara di bawah terdapat in-display fingerprint scanner.

Bagian atas dan bawah dari Infinix GT 20 ProKOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian atas dan bawah dari Infinix GT 20 Pro

Infinix GT 20 Pro memiliki pemindai sidik jari di layarKOMPAS.com/ OIK YUSUF Infinix GT 20 Pro memiliki pemindai sidik jari di layar

Modul kamera belakang memuat tiga buah kamera yang terdiri dari kamera utama 108 MP (f/1.8), kamera macro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP, berikut LED flash berbentuk lingkaran.

Di sisi bawah terdapat konektor USB C, laci SIM card yang bisa memuat dua buah kartu nano SIM, serta loudspeaker pertama. Di atas terdapat loudspeaker kedua berikut logo JBL. Infinix GT 20 Pro memang mampu menghasilkan keluaran suara stereo dengan tuning oleh JBL.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com