Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Studio Meluncur, Aplikasi Khusus untuk Analisis Akun dan Konten

Kompas.com - 29/05/2024, 15:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - TikTok meluncurkan aplikasi mandiri (standalone) yang terpisah dari aplikasi utamanya, disebut TikTok Studio.

Aplikasi baru ini ditujukan untuk kreator konten TikTok. Kehadiran TikTok Studio diumumkan oleh platform berbagi video singkat tersebut lewat situs resminya.

"Kami memperkenalkan TikTok Studio, sebuah platform kreasi dan manajemen komprehensif baru yang dilengkapi dengan aneka alat (tool) yang bisa dipakai kreator untuk membuat hingga menganalisis akun dan kinerja konten mereka," demikian keterangan TikTok dikutip KompasTekno dari laman TikTok Newsroom, Rabu (29/5/2024).

Dengan TikTok Studio, kreator bisa membuat konten, melakukan pengeditan atau mengunggahnya langsung dari aplikasi mandiri ini. Jadi, kreator tidak perlu membuka aplikasi utama TikTok untuk mengunggah konten.

Baca juga: Cara Buat 2 Akun TikTok dalam Satu HP

Untuk pengeditan, TikTok Studio menyediakan fitur seperti auto caption, photo editor, hingga autocut.

TikTok Studio juga menyediakan berbagai alat yang memungkinkan kreator meninjau atau mengelola konten, baik konten yang sudah dipublikasikan atau konten yang baru dijadwalkan.

Kreator juga bisa mengelola komentar dengan opsi filter komentar, misalnya untuk mencari komentar tertentu.

TikTok StudioTikTok TikTok Studio

Tersedia pula fitur analitik yang akan memberikan laporan tentang kinerja akun dan konten milik kreator terkait, hingga perilaku audiens dan monetisasi. Dengan begitu, kreator dapat melacak pertumbuhan akun serta mendapat wawasan yang pada akhirnya memengaruhi keputusan tindakan atau konten selanjutnya.

Baca juga: TikTok Makin Serius Saingi Google, Bayar Kreator Konten Berbasis SEO

Secara umum, konsep TikTok Studio mirip seperti YouTube Studio. Sebab, YouTube Studio juga memungkinkan kreator untuk mengunggah, mengelola hingga meninjau performa konten. Hanya saja, proses editing perlu dilakukan di aplikasi terpisah.

Perlu dicatat bahwa aplikasi TikTok Studio hadir untuk kreator TikTok yang berusia 18 tahun ke atas. Kreator hanya perlu login ke TikTok Studio dengan memakai akun TikTok mereka.

Aplikasi TikTok Studio sudah tersedia secara gratis dalam versi beta di Google Play Store untuk pengguna Android di wilayah tertentu. TikTok berkata aplikasi mandiri ini pun akan hadir di App Store untuk pengguna iOS dalam beberapa pekan lagi.

TikTok Studio juga bisa diakses dari browser lewat tautan www.tiktok.com/tiktokstudio.

Menurut perusahaan, TikTok Studio menggantikan alat Creator di aplikasi utama TikTok serta Creator Center di TikTok web.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com