Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Caplok Tim Mobile Legends Indonesia "GPX Basreng"

Kompas.com - Diperbarui 30/05/2024, 08:19 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GosuGamers

KOMPAS.com - Tren organisasi e-sports global yang masuk merambah Mobile Legends (MLBB) dengan cara mengakuisisi tim Indonesia, terus berlanjut. 

Setelah Team Vitality dan Team Liquid, giliran Team Falcons yang melakukan manuver. Team Falcons mencaplok divisi perempuan dari untuk MLBB yang bernaung di bawah nama organisasi e-sports Indonesia GPX, yaitu GPX Basreng

Team Falcons merupakan salah satu organisasi e-sports terbesar di dunia yang bermarkas di Arab Saudi. Organisasi ini pernah memenangkan kejuaraan dunia di beberapa game e-sports, seperti Dota 2, Valorant, Counter-Strike, dan lain sebagainya.

Sedangkan GPX Basreng bisa dibilang merupakan salah satu tim MLBB perempuan terkuat di Indonesia setelah Bigetron Era (kini Team Vitality).

Nah, pengumuman akuisisi GPX Basreng diumumkan Team Falcons lewat media sosial resmi mereka di Instagram dengan handle @teamfalconsgg. Dalam postingan tersebut, tim MLBB terbarunya ini akan dinamai dengan Team Falcons Vega. 

Baca juga: Resmi, Tim E-sports Indonesia Aura Gabung dengan Team Liquid

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Team Falcons (@teamfalconsgg)

Dalam posting yang sama, tercantum nama-nama anggota (roster) yang akan mewakili Team Falcons Vega, yang seluruhnya merupakan pemain GPX Basreng.

Nama-nama roster Team Falcons Vega, begitu juga posisi yang diisi ketika berada di GPX Basreng, adalah sebagai berikut:

  • Agatha - Middle
  • Funi - Middle
  • Thall - Roamer
  • Caramel - Jungler
  • Chincaaw - Gold Lane
  • Meylane - Gold Lane
  • Violet - EXP Lane

Tim MLBB perempuan pertama Team Falcons

Sekadar informasi, Team Falcons Vega merupakan tim MLBB perempuan kelas pertama dari Team Falcons.

Sebelumnya, mereka sudah punya divisi MLBB untuk laki-laki untuk berkompetisi di MLBB wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara (Middle East and Notrh Africa/MENA) dengan nama Team Falcons.

Selain itu, mereka juga punya divisi MLBB dari Filipina, yaitu Falcons AP.Bren. Divisi ini muncul setelah AP.Bren sepakat untuk bekerja sama dengan Team Falcons untuk mewakili skena e-sports MLBB di wilayah Asia Tenggara (Southeast Asia/SEA) belum lama ini.

Menurut Team Falcons, Team Falcons Vega akan mengincar turnamen MLBB kelas dunia untuk kategori perempuan di ajang Esports World Cup (EWC) 2024.

Turnamen tersebut akan bernama MLBB Women's Invitational (MWI) 2024 dan memiliki total hadiah (prize pool) sebesar 500.000 dollar AS atau sekitar Rp 8 miliar.

Baca juga: 6 Tim E-sports Indonesia Lolos ke Grand Final PUBG Mobile PMSL SEA Summer 2024

Apabila mengacu pada informasi yang tercantum dalam database e-sports Liquipedia, Team Falcons Vega tampak belum masuk ke dalam peserta MWI 2024. Namun, slot tim MLBB perempuan dari wilayah MENA masih kosong. 

Sehingga, ada kemungkinan tim ini akan mendapatkan tiket ke MWI 2024 melalui kompetisi MLBB perempuan untuk wilayah MENA, atau dipilih langsung sebagai perwakilan wilayah MENA, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GosuGamers, Rabu (29/5/2024).

Terkait Team Falcons Vega yang dahulu bernama GPX Basreng, tim ini bisa dibilang merupakan rival dari tim MLBB perempuan Indonesia lain, yaitu Bigetron Era yang kini diakuisisi oleh organisasi e-sports asal Perancis, Team Vitality.

Di kompetisi MWI tahun sebelumnya (MWI 2023), Bigetron Era dan GPX Basreng berhasil melaju ke Grand Final MWI 2023. Dalam laga ini, GPX Basreng kalah telak dari Bigetron Era dengan skor 3-0. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com