Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Rilis Fitur "Anti-bullying", Bisa Batasi Interaksi Hanya dari Teman Dekat

Kompas.com - 31/05/2024, 12:03 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform media sosial Instagram menghadirkan fitur baru untuk memberantas perundungan (bullying) sekaligus menjaga kesehatan mental penggunanya.

Fitur tersebut adalah pembatasan interaksi atau Limit Interactions yang memungkinkan pengguna hanya bisa melihat interaksi, seperti komentar, direct message (DM), mention, tag, dan lain sebagainya dari teman dekat (Close Friend) saja.

Sebelumnya, fitur Limit Interactions, yang sudah hadir sejak 2021 lalu, hanya bisa membatasi interaksi dari orang yang baru mengikuti (follow) akun Instagram pengguna dalam beberapa pekan terakhir, atau orang yang tidak mem-follow akun mereka. 

Selain pembatasan interaksi hanya pada Close Friend, Instagram juga mengatakan fitur terbaru Limit Interactions tersebut kini akan aktif secara bawaan (default) untuk akun-akun remaja (akun milik pengguna yang berusia di bawah 18 tahun).

Baca juga: Fitur Flipside Instagram Dihapus, Tombol Kunci Hilang dari Halaman Profil

Dengan begitu, para remaja yang bermain Instagram akan tetap aman dari orang asing ketika mereka menghabiskan waktunya di Instagram. 

Untuk menggunakan fitur Limit Interactions ke teman dekat, pengguna hanya perlu pergi ke menu "Settings and activity", mengunjungi menu "Limit interactions", mengubah pengaturan "Who will be limited" ke "Everyone but your Close Friends", dan terakhir mengeklik tombol "Turn Limits on".

Adapun cara menambah kerabat atau teman ke daftar Close Friends bisa dilakukan dengan cara mengunjungi laman "Settings and activity" lalu mengeklik menu "Close Friends". 

Ilustrasi fitur Restrict di Instagram.Instagram Ilustrasi fitur Restrict di Instagram.

Selain fitur Limit Interactions, Instagram juga menghadirkan peningkatan terhadap fitur pemblokiran interaksi dari akun lain yang bernama Restrict. 

Kini, fitur Restrict bisa membatasi seluruh interaksi dari seorang pengguna tanpa harus memblokir (Block) pengguna tersebut.

Ketika suatu akun di-Restrict, pengguna tersebut tidak akan bisa melihat status online kita di Instagram, status "baca" ketika di-DM, hingga tidak bisa melihat segala interaksi yang ada di suatu postingan Instagram. 

Untuk me-Restrict suatu akun Instagram, pengguna cukup pergi ke profil Instagram akun yang ingin di-Restrict. Di sana, mereka bisa mengeklik menu "tiga titik" di pojok kanan atas dan mengeklik menu "Restrict". 

Baca juga: 2 Cara Memutuskan Hubungan Instagram dengan Facebook Lewat HP, Mudah

Nah, berbagai fitur baru terkait pembatasan interaksi di Instagram ini dihadirkan induk perusahaan Instagram, Meta karena untuk menjaga platform media sosial tersebut tetap aman dari bullying dan hal-hal negatif lainnya, terutama bagi para pengguna remaja.

Pasalnya, Meta sebelumnya didesak oleh beberapa negara supaya bisa membuat Instagram lebih nyaman untuk pengguna remaja, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (31/5/2024).

Selain itu, fitur-fitur pembatasan interaksi ini juga terjadi karena Meta sempat tersandung beragam kasus yang melibatkan keselamatan dan keamanan pengguna remaja ketika menggunakan Instagram. 

Aneka kasus ini bertumpu pada beberapa hal, di antaranya seperti dugaan Instagram yang tak memiliki fitur mumpuni yang bisa membatasi interaksi, hingga sistem Instagram yang kabarnya sengaja didesain untuk membuat remaja kecanduan hingga mengidap penyakit mental. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com