Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran CIO di Era WikiLeaks

Kompas.com - 08/12/2010, 14:10 WIB

Oleh Ninok Leksono

Seperti sering kita baca, dalam perusahaan modern yang kiprah bisnisnya banyak menggeluti, atau bertumpu pada, informasi, ada posisi yang tidak kalah penting dibandingkan CFO (chief financial officer), yakni CIO (chief information officer). Mereka berdua ada di bawah CEO (chief executive officer) yang mengendalikan keseluruhan operasi perusahaan.

Dalam dunia perbankan, yang kini juga banyak menyediakan layanan elektronik berbasis internet, tanggung jawab CIO amat besar. Ia harus menjamin keamanan transaksi, juga keamanan sistem informasi perusahaan yang amat sensitif. Maklum saja, upaya pembobolan rahasia bank, juga pembajakan transaksi, tak pernah surut.

Selama ini, kejar-mengejar antara pihak yang mengamankan dan pihak yang ingin menjebol bisa diibaratkan permainan komedi putar, selain terus terjadi, sulit dikatakan mana sebenarnya yang ada di depan (atau yang lebih unggul).

Dalam lingkup perusahaan, selain tugas pokok mengamankan informasi, untuk CIO kini muncul tugas baru. Didorong oleh munculnya perkembangan baru, CIO kini tidak saja berdimensi ”information”, tetapi juga ”innovation”, sehingga CIO adalah chief innovation officer.

Seperti dikemukakan Kelly Tan (The Business Times, 6/12), hal yang kini kritikal bagi pemimpin bisnis adalah mengetahui bagaimana teknologi potensial bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan efisiensi lebih tinggi, juga memanfaatkan sumber daya secara lebih baik.

Tentang ”I” dalam CIO sendiri dijelaskan, dewasa ini memang muncul pemaknaan baru, yaitu dari informasi menjadi inovasi.

Jadi, pemahaman baru ini benar-benar memperluas lingkup tanggung jawab seorang CIO. Padahal, upaya penyusupan (hacking), atau penyusupan dengan tujuan jahat (cracking), situs-situs lembaga bisnis atau pemerintahan semakin marak.

Kejadian sekitar pembocoran rahasia Pemerintah AS oleh WikiLeaks memuncaki upaya pembobolan informasi rahasia yang bisa direnungkan para CIO.

Dari sisi keamanan Kejadian WikiLeaks memang mengguncangkan berbagai sendi tentang penanganan informasi dan juga tentang hakikat kerahasiaan. Dalam konteks diplomasi dan hubungan antarnegara, ulasan di harian ini telah menyinggung beberapa dari hal itu.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com