Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PlayStation Bakal Sambangi Android dan iOS

Kompas.com - 21/02/2013, 15:18 WIB

The Verge Dengan aplikasi PlayStation App, perangkat iOS dan Android akan menjadi pendamping dalam bermain PlayStation 4

KOMPAS.com - Sony berencana memperluas bisnis game di layar kedua, yakni layar perangkat mobile yang akan menjadi "pendamping" untuk PlayStation 4. Perusahaan Jepang ini berjanji membuat aplikasi baru bernama PlayStation App untuk perangkat bersistem operasi Android dan iOS.

Ya, perangkat mobile yang dimaksud Sony bukan hanya konsol game portabel PlayStation Vita atau PSP. Perangkat mobile layar kedua itu juga meliputi iPhone, iPad, serta ponsel pintar dan tablet Android.

Dalam siaran pers, Sony memberi contoh implementasi bisnis game pada layar kedua. Jika pengguna meng-install PlayStation App di iOS dan Android, mereka dapat melihat peta di layar perangkat tersebut saat memainkan game petualangan.

Atau, pengguna yang sedang berada jauh dari rumah, bisa membeli game PlayStation 4 dari perangkat iOS dan Android di mana file unduhannya akan masuk ke konsol PlayStation 4 di rumah. Selain itu, dengan PlayStation App di iOS dan Android, pengguna bisa menonton video streaming orang lain yang sedang bermain game PlayStation 4. Semua itu bisa dilakukan selama pengguna Android dan iOS terkoneksi dengan internet.

Dari penjelasan yang diberikan Sony, mereka tak sungguh-sungguh memindahkan pengalaman bermain game PlayStation ke perangkat iOS dan Android. Ponsel pintar dan tablet hanya dijadikan perangkat pendamping bagi PlayStation 4. Tentu saja, Sony tak akan membunuh bisnis konsol game mereka.

Pada saat bersamaan, Rabu malam (20/2/2013) waktu New York, AS, Sony memperkenalkan alat pengontrol PlayStation 4 yang diberi nama DualShock 4. Namun, mereka belum memperlihatkan bentuk perangkat PlayStation 4 itu sendiri. Sony menjanjikan PlayStation 4 akan dirilis secara global pada musim liburan atau akhir tahun 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com