Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ultrabook Belum Bisa Jadi Jagoan?

Kompas.com - 08/07/2013, 07:27 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Intel gencar mempromosikan laptop tipis "Ultrabook" yang belakangan mulai  dilengkapi dengan layar sentuh. Produk-produk "2-in-1" pun diperkenalkan, dengan berbagai macam bentuk "ajaib" yang bisa berubah dari laptop menjadi tablet dan sebaliknya.

Namun semua itu seperti belum cukup menumbangkan kejayaan MacBook Air dari Apple sebagai pelopor sekaligus laptop tipis paling dicari konsumen, setidaknya untuk pasaran Amerika Serikat.

Di Negeri Paman Sam ini, seperti diungkap oleh laporan lembaga riset NPD yang dikutip oleh Cnet, MacBook Air menguasai 56 persen penjualan laptop tipis sepanjang lima bulan pertama 2013.

Sisanya sebanyak 44 persen dibagi-bagi antar-produsen Ultrabook rekanan Intel.

Generasi terbaru MacBook Air (model 2013) pun mendapat sambutan positif berkat daya tahan baterainya yang mencapai belasan jam dan diperkirakan bakal membantu mempertahankan dominasi perangkat tersebut di pasar laptop tipis.

Perlu dicatat bahwa daya tahan baterai MacBook Air 2013 dimungkinkan oleh prosesor Core Generasi ke-4 dari Intel. Jadi, produsen prosesor itu turut diuntungkan dengan kesuksesan MacBook Air.

Tapi kubu laptop Windows pun tidak berdiam diri. Dalam konferensi Build minggu lalu, CEO Microsoft Steve Ballmer mengatakan bahwa perangkat hybrid (2-in-1) dengan fitur layar sentuh bakal menghilangkan kebutuhan untuk membawa laptop dan tablet secara terpisah.

Di sisi lain, Apple menganggap bahwa touchscreen lebih cocok diterapkan untuk iPad ketimbang laptop. Kebanyakan konsumen tampaknya setuju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com