Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balon Wi-Fi Pertama Indonesia Mengangkasa di Klaten

Kompas.com - 20/08/2013, 09:50 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menjadi daerah pertama di Indonesia yang meluncurkan balon udara untuk menyebarkan akses Wi-Fi gratis.

Langkah ini termasuk dalam program Klaten Go Online yang diprakarsai Kelompok Pengguna Linux Indonesia Klaten (KPLI Klaten), juga didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Klaten dan Telkom Kandatel Klaten.

Operations Vice President Public Relations Telkom, Arif Prabowo mengonfirmasi, bahwa akses internet balon udara tersebut didukung oleh Grup Telkom, meliputi Telkom dan Telkomsel.

Seperti dikutip dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Klaten, balon udara Wi-Fi ini sudah beroperasi pada akhir Juli 2013 ini, bertepatan dengan HUT Klaten ke-209 tahun.

Balon udara itu kini ditempatkan di halaman kantor Pemkab Klaten dan alun-alun pusat kota Klaten. Pengguna dapat menikmati internet gratis dengan username: klaten, dan password: gooonline.

Proyek balon udara W-Fi di Klaten ini mirip dengan Project Loon yang diprakarsai Google. Pada 15 Juni 2013, Google melepas 30 balon udara pemancar Wi-Fi di wilayah Christchurh, Selandia Baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com