Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah YouTube Berawal dari PayPal?

Kompas.com - 21/12/2013, 17:24 WIB
Wicak Hidayat

Penulis

Bagian pertama dari seri Tiga Serangkai Pendiri YouTube.

KOMPAS.com - Pengguna internet saat ini nyaris tak ada yang tidak kenal YouTube. Situs berbagi video itu sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari pengalaman online, bahkan di negara 'fakir bandwidth' seperti Indonesia ini.

Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim adalah tiga serangkai di balik YouTube. Dan, memang benar jika ada yang mengatakan YouTube berawal dari PayPal. Ini karena, Hurley, Chen dan Karim punya satu kesamaan: ketiganya sama-sama bekerja di PayPal sebelum dan saat perusahaan pembayaran online itu diakuisisi oleh eBay.

Seperti banyak pemuda di Silicon Valley pada masa itu –sekitar tahun 2002-an--  ketiganya gatal untuk membuat sesuatu milik mereka sendiri. Akibatnya, trio tersebut kerap duduk bareng dan membicarakan ide-ide bisnis apa yang bisa dilakukan. Dari entah berapa lusin ide yang sempat tercetus, satu yang akhirnya mereka kejar adalah soal upload video di internet.

Ada satu legenda bahwa YouTube dibuat karena ketiga pendirinya merasa kesal saat mau mengupload sebuah video dari acara makan malam yang mereka hadiri. Kesulitan mengupload video ini konon memicu mereka untuk berkata: 'daripada susah begini, kita bikin sendiri aja yuk!'

Namun, meski cerita itu mudah dicerna ala 'kejatuhan apel-nya Isaac Newton', kisah makan malam itu tidaklah benar. Namun ada satu unsur yang benar dari cerita itu: YouTube memang dibuat untuk memperbaiki pengalaman upload video dari para pendirinya.

“Ketika kami memulai perusahaan ini beberapa tahun lalu, kami tak pernah mengira bakal sampai di sini. Sangat menarik melihat ide yang sederhana, untuk memperbaiki pengalaman kami ber-video online, bisa menjadi seperti ini,” kata Chad Hurley dalam sebuah wawancara dengan Walt Mossberg.

Tulisan ini adalah bagian dari seri Tiga Serangkai Pendiri YouTube, simak bagian lainnya:
1. Benarkah YouTube Berawal dari PayPal?
2. YouTube, Dimulai dari Gagal
3. Kekuatan Komunitas Roketkan YouTube
4. YouTube "Meledak", Pendirinya Kaya Mendadak
5. Pendiri YouTube dan "The American Dream"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com