Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Tim Wakili Indonesia di Imagine Cup 2014

Kompas.com - 14/04/2014, 15:50 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Anggota tiga tim pemenang Microsoft Imagine Cup 2014 tingkat nasional Indonesia dalam acara pengumuman di Jakarta, Jumat (11/4/2014

KOMPAS.com - Akhir minggu lalu, Microsoft Indonesia mengumumkan tiga tim pengembang aplikasi (developer) pemenang kompetisi Imagine Cup 2014 tingkat nasional. Mereka akan bertanding melawan tim-tim dari negara lain dalam babak semifinal kompetisi tersebut.

Pemenang pertama kompetisi Imagine Cup 2014 tingkat nasional diraih oleh tim New Eleven Del dari Insititut Teknologi Del dengan proyek bernama Pora the Lake Rescuer.

Posisi kedua dan ketiga masing-masing diraih oleh tim IDE DELTA dari Institut Teknologi Bandung dengan proyek Smoothie dan tim DigiD2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dengan proyek Cakra.

Ketiga tim berhak memperoleh dana awal untuk pengembangan usaha sampai dengan 25 juta rupiah dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI. Selain itu, mereka akan mendapat bimbingan dari Microsoft Indonesia untuk persiapan bertanding di tingkat internasional.

Para tim pemenang akan mewakili Indonesia bertanding melawan negara-negara lain di babak World Semifinal Imagine Cup 2014 dengna mengirimkan video presentasi sebelum tanggal 30 April 2014. Apabila lolos, mereka akan berkompetisi di babak final yang diselenggarakan di markas Microsoft, Seattle, Amerika Serikat, pada 29 Juli mendatang.

"Tahun lalu, tim Indonesia, yaitu Tim Solite Studio dari Universitas Trunojoyo, Madura, berhasil menjadi runner-up di kompetisi Games Imagine Cup 2013 di St. Petersburg, Rusia. Kami berharap sejarah yang sama bisa terulang kembali tahun ini," kata Developer and Platform Group Director Microsoft Indonesia, Risman Adnan, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas Tekno.

Imagine Cup adalah kompetisi TI tahunan untuk para pelajar dari seluruh dunia yang diselenggarakan oleh Microsoft sejak 2003. Ada tiga kategori utama yang dilombakan dalam Imagine Cup kali ini, yaitu Games, Innovation, dan World Citizenship.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com