Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Kotak Penjualan Windows 10

Kompas.com - 15/07/2015, 10:32 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Sistem operasi Windows 10 sudah dijadwalkan untuk diluncurkan pada tanggal 29 Juli 2015 mendatang. Dua minggu sebelum tanggal tersebut, gambar dari kotak penjualan DVD dari OS terbaru Microsoft tersebut sudah tersebar di dunia maya.

Seperti dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (14/7/2015), kotak retail dari OS itu tampak sederhana. Di tengah-tengah kotak, Microsoft memperlihatkan tampilan dari OS Windows 10, lengkap dengan wallpaper cahaya khas Windows 10.

Kemungkinan besar, Microsoft ingin memberikan sedikit gambaran mengenai Windows 10 sebelum memutuskan untuk membeli OS terbaru tersebut.

Windows 10 bakal hadir dalam dua versi, yakni Home dan Pro. Dalam kotak penjualan DVD tersebut, Microsoft memberikan sedikit pembeda dari segi warna. Apabila Windows 10 Home diberi warna dasar biru, Windows 10 Pro hadir dalam warna dasar ungu.

Winfuture Kotak Windows 10 versi flash disk USB
Uniknya, Microsoft juga dikatakan akan menjual file instalasi Windows 10 dalam bentuk flash disk USB. Kotak penjualannya sendiri bakal memiliki desain yang sedikit berbeda dari versi DVD.

Jika gambar yang disebarkan benar, kotak penjualan Windows 10 USB flash disk hanya akan memperlihatkan logo Windows. Sama seperti versi DVD, akan ada perbedaan warna antara kedua versi, yakni biru untuk Windows 10 Home dan ungu untuk Windows 10 Pro.

Ini bisa jadi kotak penjualan terakhir yang bakal dirilis oleh Microsoft. Pasalnya, Windows 10 dikatakan sebagai OS edisi terakhir dari raksasa software itu.

Namun, istilah "Windows terakhir" itu, bukan berarti Microsoft akan membunuh produk sistem operasi yang membesarkannya. Mereka hanya mengubah cara merawat sistem operasi terbaru iu.

Di masa yang akan datang, Windows 10 kemungkinan akan mengusung konsep Windows as a service. Ide mengenai Windows as a service sendiri sudah lama mereka bahas. Kemungkinan yang bisa terjadi adalah namanya tidak berganti dan tak akan ada perubahan besar-besaran layaknya dari Windows XP ke Windows 7 dan sejenisnya. Sistem operasi itu akan tetap dirawat dengan pemutakhiran rutin.

Windows 10 versi Home akan dijual dengan harga 119 dollar AS atau sekitar Rp 1,6 juta. Adapun Windows 10 Professional akan dibanderol 199 dollar AS atau sekitar Rp 2,6 juta.

Windows 10 sendiri sebenarnya bakal dirilis gratis sebagai update untuk dua seri Windows versi sebelumnya, yakni Windows 7 dan Windows 8.1. Upgrade itu sendiri berlaku gratis selama satu tahun penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com