Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Aplikasi Digital Bisa Bantu Ekonomi Rakyat Kecil

Kompas.com - 04/08/2015, 12:56 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi menyatakan teknologi memegang peran penting untuk menyokong pertumbuhan industri kecil, misalnya pertanian atau nelayan.

"Ya memang, ekonomi tradisional kita perlu sentuhan aplikasi yang memudahkan mereka," ujarnya dalam Dialog Komunitas Kreatif dengan Presiden di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Selasa (4/8/2015).

Presiden berkaca pada Go-Jek, usaha rintisan lokal yang menghubungkan para tukang ojek dengan dunia digital sehingga bisa mendapatkan penumpang dengan lebih mudah. Harapannya, metode serupa bisa diterapkan pada pelaku ekonomi kecil lainnya.

Misalnya untuk nelayan, dia membayangkan agar mereka bisa menggunakan aplikasi untuk memperoleh informasi soal cuaca atau lokasi-lokasi ikan sebelum melaut. Sedangkan bagi petani, bisa saja dipasok informasi cuaca dan harga di pasar sehingga  membantu mereka ketika bercocok tanam.

"Aplikasi-aplikasi seperti itu yang bisa membantu yang (industri) kecil-kecil terangkat," ujar Jokowi.

"Saya kira ke depan industri kreatif berbasis budaya atau teknologi akan jadI masa depan kita. Ini butuh perhatian khusus dari pemerintah," tegasnya.

Menurut Jokowi, salah satu perhatian pemerintah terhadap hal tersebut diwujudkan lewat pengembangan roadmap e-commerce. Peta pengembangan itu sedang dalam diproses oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Dalam kesempatan berbeda, beberapa bulan lalu, Menkominfo Rudiantara juga sudah menegaskan pihaknya sedang menggarap roadmap ecommerce yang dimaksud. Dia berjanji rencana tersebut akan rampung pada bulan Agustus 2015 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com