Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Diskon Palsu Harbolnas 2015!

Kompas.com - 11/12/2015, 18:32 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari Belanja Online Nasional yang digelar oleh beberapa toko online di Indonesia menampilkan harga diskon yang tidak wajar.

Walau pada kenyataannya diskon yang diberikan memang mencapai 99 persen dari harga yang ditawarkan, tetapi harga yang ditawarkan tersebut ternyata telah dinaikkan berkali-kali lipat.

Pantauan KompasTekno pada Jumat (11/12/2015), di toko online Lazada, peranti smartphone LG Leon 8 GB dijual dengan harga diskon 93 persen menjadi hanya Rp 1,8 jutaan.

Jika dicermati lebih lanjut, Lazada bisa memberikan diskon hingga 93 persen karena harga dasar smartphone Android 4,5 inci dengan RAM 1 GB dan penyimpanan internal 8 GB itu telah dinaikkan menjadi Rp 25 juta.

Padahal, jika dilogika, smartphone Android dengan RAM 1 GB dan prosesor quad-core 1,2 GHz tidak sampai semahal itu.

Lucunya, saat KompasTekno melakukan cross-check di situs Erafone, harga jual LG Leon justru lebih murah dari harga setelah diskon di Lazada, yaitu Rp 1,699 juta.

Harga yang tidak wajar ini juga berlaku pada produk kategori lain, seperti popok bayi yang harganya mencapai Rp 130.000.000, lalu didiskon 100 persen menjadi hanya Rp 93.000-an.

Screenshot Sebuah popok disebut memiliki harga asli Rp 130 juta lebih, lalu mendapat diskon "Harbolnas" hampir 100 persen.

Baca juga: Harbolnas Banyak Diskon Palsu, Bos Lazada Minta Maaf.

Hal yang serupa, tetapi dengan angka yang tidak sefantastis itu, juga terjadi di situs belanja Matahari Mall. Contohnya, kamera GoPro Hero 4 Session harganya dinaikkan menjadi Rp 7 juta, kemudian diberi diskon 30 persen, sehingga harga yang harus dibayar pembeli menjadi hanya Rp 4,9 juta.

Padahal, di situs jual beli kamera Focus Nusantara, harga GoPro Hero 4 Session pasarannya memang Rp 4,99 juta. Jadi sebenarnya harga yang dijual adalah harga normal, bukan harga diskon.

ist Diskon palsu di Hari Belanja online Nasional, harga GoPro Hero 4 Session di situs MatahariMall.com dengan diskon 30 persen, sama dengan harga di Focus Nusantara.
Memang, tak semua situs yang menjalankan promosi Harbolnas disusupi oleh diskon-diskon palsu seperti itu. Dan, perlu dicatat, banyak juga barang di Lazada, Matahari Mall, dan toko online lainnya yang memang sungguh-sungguh didiskon besar pada Harbolnas kali ini.

Sejauh ini, belum diketahui siapa pihak-pihak tak bertanggung jawab yang memanfaatkan momentum Harbolnas untuk mengelabui konsumen seperti itu.

Jadi, apa yang bisa dilakukan konsumen? Tentunya, jangan mudah tergiur dengan diskon besar yang ditawarkan pada Hari Belanja Online Nasional tahun ini.

Sebelum membeli, pastikan Anda telah mengecek harga pasarnya dengan mencari informasi di situs resmi atau situs belanja lain. Setelah itu, baru putuskan apakah memang barang tersebut mau dibeli atau tidak.

Kompas TV Diskon Palsu Hari Belanja Online Nasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com