Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Kitkat Bisa Dibajak Lewat "Bug" Mediatek

Kompas.com - 01/02/2016, 13:33 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com -Lubang keamanan ditemukan dalam software pembuat chipset MediaTek yang berjalan di Android 4.4 KitKat.

Lubang keamanan alias bug itu bisa dimanfaatkan peretas untuk mendapatkan akses root perangkat Android, membajak ponsel, dan memata-matai komunikasi pengguna.

Dikutip KompasTekno dari Android Authority, Senin (1/2/2016), MediaTek mengetahui adanya celah keamanan dalam software miliknya itu, dan mengatakan sedang berusaha memperbaikinya.

Menurut pernyataan MediaTek, bug muncul karena pabrikan ponsel tidak mengikuti instruksi yang diberikan oleh perusahaan, yaitu mematikan fitur debug sebelum mengirim smartphone ke pasar.

Bug tersebut pertama kali ditemukan oleh peneliti Justin Case awal bulan Januari lalu, dan kini telah dikonfirmasi oleh MediaTek.

Sayangnya, MediaTek tidak menyebutkan pabrikan mana yang melanggar protokol yang telah ditetapkan MediaTek, sehingga pengguna tidak tahu ponsel Android mana yang rawan terhadap ancaman ini.

Walau banyak ponsel Andorid yang menjalankan sistem operasi Android 4.4 KitKat di pasaran, MediaTek menolak untuk mengungkap berapa jumlah ponsel yang terkena imbas bug itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com