Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Android Ini "Dilewati" Gerhana Matahari Total 9 Maret

Kompas.com - 08/03/2016, 21:02 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — EclipseDroid adalah aplikasi astronomi yang mengalkulasi peristiwa gerhana berdasarkan lokasi pengguna. Pada Rabu (9/3/2016) besok, aplikasi Android ini akan "dilewati" gerhana matahari total (GMT).

Mereka yang tidak bisa melihat langsung peristiwa langka tersebut bisa memantaunya melalui aplikasi ini di perangkat Android.

Aplikasi tersebut akan menginformasikan waktu dan durasi gerhana matahari melewati lokasi pengguna (contact time) dan persentase ketertutupan matahari.

Algoritma gerhana matahari yang dipakai EclipseDroid didasari dari algoritma Java Sript penghitungan gerhana buatan Deirde O'Byrne.

Untuk melihat gerhana matahari di lokasi tertentu, pengguna tinggal memilih lokasi di daftar, memilih lokasi di peta yang disediakan, atau secara otomatis menggunakan GPS.

Mereka juga bisa mengulang dan melihat proses terjadinya gerhana melalui menu mode simulasi di aplikasi EclipseDroid.

Aplikasi juga bisa dipakai untuk memotret gerhana saat berlangsung. EclipseDroid bisa diatur untuk menjalankan aplikasi kamera di smartphone dan mengambil foto.

EclipseDroid bisa diunduh di toko aplikasi Android Play Store melalui tautan berikut ini. Aplikasi berukuran 3,7 megabyte itu telah diunduh sebanyak 50.000 kali dan minimal membutuhkan sistem operasi Android 2.0.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com