Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agustus, Yahoo Messenger Versi Lama Berhenti Beroperasi

Kompas.com - 13/06/2016, 07:33 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Masih setia menggunakan Yahoo Messenger versi lama di desktop? Software chatting lawas yang sudah beredar selama belasan tahun itu bakal tak bisa lagi digunakan dalam beberapa bulan ke depan.

Hal tersebut diungkapkan lewat sebuah pengumuman yang ditulis Chief Architect Yahoo, Amotz Maimon, akhir pekan ini.

“Kami tak akan lagi mendukung platform lama mulai Agustus 2016. Kami akan berfokus pada Messenger yang baru untuk memberikan pengalaman terbaik ke pengguna,” tulis Maimon.

Artinya, aplikasi Yahoo messenger versi lama di semua platform (Windows, Mac, Android, dan iOS) akan berhenti beroperasi alias tidak bisa dipakai untuk chatting pada tanggal yang disebutkan oleh Maimon.

Layanan Yahoo Messenger sendiri bakal tetap bisa digunakan, tapi pengguna harus menggunakan aplikasi Messenger versi baru yang diperkenalkan pada Desember 2015 lalu.

Aplikasi Yahoo Messenger baru tersebut sudah bisa diunduh di toko aplikasi masing-masing platform. Pengguna desktop untuk sementara belum kebagian aplikasi Yahoo Messenger versi baru yang masih dalam proses pembuatan.

Sebagai gantinya, pengguna desktop bisa mengakses Yahoo Messenger via browser dengan mengunjungi alamat messenger.yahoo.com atau membuka chatting langsung dari dalam Yahoo Mail.

Aplikasi Yahoo Messenger versi lawas yang selama ini akrab dengan pengguna komputer pertama kali meluncur tahun 1998 dengan nama “Yahoo Pager”.

Selain Yahoo Messenger versi lawas, Yahoo juga menghentikan dukungan terhadap layanan Yahoo Recommends, sebuah widget untuk menambahkan konten-konten yang relevan di werbsite, pada 1 September mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com