Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasaran PC Menyusut, Ini Strategi Dell di Indonesia

Kompas.com - 16/06/2016, 14:04 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasaran PC dunia masih lesu. Pada kuartal pertama 2016, penjualan PC secara global tercatat kembali menurun sebesar 9,6 persen secara year on year, menurut lembaga riset Gartner. Lembaga lain IDC pun memperkirakan pengapalan PC sepanjang 2016 bakal turun dibanding tahun sebelumnya.

Kondisi serupa juga dirasakan oleh para vendor PC yang beroperasi di Indonesia, seperti Dell. Meski begitu, vendor asal AS yang baru satu tahun membentuk badan usaha di Indonesia ini tetap optimis soal kiprahnya di pasaran PC Tanah Air.

“Pasar secara total memang turun, tapi market yang ada pun masih sangat besar, opportunity kami pun juga besar,” ujar EUC Commercial Director Dell Indonesia Primawan Badri saat ditemui di sela acara perayaan ulang tahun pertama Dell Indonesia di Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Primawan beralasan, Dell memiliki peluang besar yang bisa dimanfaatkan karena pabrikan ini baru memiliki pangsa pasar yang terhitung kecil di Indonesia, yakni sekitar 7 persen menurut data kuartal pertama dari lembaga riset GFK.

“Kami ingin meningkatkan pangsa pasar ini. Pada kuartal kedua saya rasa akan naik,” katanya.

Di samping rutin melakukan menyegarkan lini produknya, dalam upaya merengkuh pangsa pasar yang lebih tinggi, Dell mencoba masuk ke segmen lain di industri komputer yang sedang tumbuh.

Primawan mencontohkan kategori perangkat 2-in-1, yakni tablet yang bisa berubah menjadi laptop dengan aksesori keyboard.

Selain itu, Dell juga berencana mendorong pemasaran PC di daerah-daerah agar bisa memberikan kontribusi lebih besar terhadap penjualan keseluruhan.

“Menurut GFK, pasaran PC di Indonesia itu 40 persen ada di Jakarta selebihnya di luar. Karena itu kami ingin mengembangkan pasar di luar Jakarta,” imbuh Priawan lagi.

Untuk mendukung upaya-upaya di atas, dalam kesempatan tersebut, Dell turut memperkenalkan perangkat-perangkat baru, yakni laptop 2-in-1 Latitude 12 7000 dan seri desktop PC Vostro 3000 MT dan SFF yang ditujukan untuk pelaku usaha kecil dan menengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com