Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Celingukan Cari Pokemon, Sopir Mobil Tabrak Pohon

Kompas.com - 14/07/2016, 11:55 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Ubergizmo

KOMPAS.com — "Pokemon Go" mulai memakan korban. Setelah beberapa waktu lalu sempat beredar berita palsu (hoax) soal insiden di jalan tol, game mobile populer bikinan Nintendo itu belakangan benar-benar mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Dirangkum KompasTekno dari Ubergizmo, Kamis (14/7/2016), seorang pria warga Auburn, New York, AS, pada Selasa (12/7/2016) malam dilaporkan menabrak sebuah pohon dengan mobilnya.

Keterangan kantor polisi setempat mengatakan bahwa sang pria berusia 28 tahun itu celingukan atau tak memperhatikan jalan karena sibuk mencari monster Pokemon di jalan sambil mengemudi.

Baca: 6 Hal yang Harus Diketahui Pemain Pokemon Go

Kejadian ini merupakan kali pertama Pokemon Go menyebabkan kecelakaan lalu lintas, setidaknya di AS.

Jalopnik.com Mobil di Auburn, New York, AS, yang menabrak pohon karena pengemudinya sibuk bermain Pokemon Go
Untunglah, meski mobilnya ringsek, si pria hanya mengalami cedera ringan. Tak ada orang lain yang terluka dalam kejadian ini.

Meski begitu, pihak kepolisian Auburn tetap mewanti-wanti para pemain Pokemon Go agar memakai “akal sehat” ketika bermain, misalnya dengan memperhatikan lingkungan sekitar dan tidak menerobos ke dalam rumah atau properti milik orang lain.

Tentu, diperingatkan pula agar tidak mengemudi sambil celingukan mencari Pokemon.

Bermain game Pokemon Go memang bisa mengundang bahaya kalau tidak hati-hati. Sebelumnya, juga di AS, kepolisian negara bagian Missouri mengungkapkan bahwa sekelompok garong mulai memanfaatkan game tersebut untuk menjebak korban.

Baca: Awas! Pemain Pokemon Go Bisa Dijebak Perampok

Caranya, para penjahat memanfaatkan Pokestop untuk menaruh Pokemon. Mereka lalu menunggu calon korban yang terpancing ingin menangkap Pokemon tersebut.

Demam Pokemon Go tengah melanda berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Popularitasnya melejit hanya dalam waktu beberapa hari setelah dirilis pekan lalu. Minggu ini, jumlah pengguna aktif Pokemon Go tercatat sudah mendekati angka yang dicatat Twitter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com