Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Rilis "Marketplace" untuk Jual Beli Online

Kompas.com - 04/10/2016, 07:36 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Facebook meluncurkan fitur baru bernama Marketplace di aplikasi mobile-nya. Sesuai nama tersebut, ini merupakan sebuah pasar online yang mewadahi berbagai kegiatan jual beli penggunanya.

Director of Product Management Facebook, Mary Ku, mengatakan bahwa Marketplace dibuat karena banyaknya aktivitas jual beli dalam jejaring sosial tersebut. Aktivitas jual beli itu berawal di Facebook Groups, dan hingga saat ini tercatat lebih dari 450 juta orang yang melakukannya per bulan.

“Agar orang bisa mendapatkan manfaat lebih banyak dari koneksinya, hari ini kami memperkenalkan Marketplace, wadah untuk berjualan atau membeli barang tertentu dari berbagai orang di komunitas Anda,” terang Mary.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Newsroom Facebook, Selasa (3/10/2016), Facebook meletakkan Marketplace dalam aplikasi mobile-nya di iOS dan Android. Bentuknya berupa ikon toko yang berada di bagian bawah aplikasi.

Saat membuka Marketplace, pengguna akan disambut dengan rangkaian foto barang dagangan yang lokasinya paling dekat. Bila ingin membeli barang tersebut, pengguna bisa masuk ke kolom obrolan untuk bercakap-cakap dulu dengan sang penjual.

Namun satu yang perlu dipahami. Facebook hanya menyediakan tempat dan tidak memberikan fasilitas pembayaran atau pengiriman barang.

Dengan kata lain, pengguna mesti mengatur pembayaran dan pengiriman sesuai kesepakatan dengan penjual, tanpa jaminan keamanan dari perantara.

Rencananya, Marketplace ini akan diluncurkan untuk pengguna aplikasi Facebook di iOS atau Android yang sudah berusia lebih dari 18 tahun. Sebagai langkah awal, pengguna di Amerika Serikat, Inggris, Australia dan Selandia Baru akan menikmatinya lebih dulu.

Sedangkan pengguna Facebook di negara-negara lain masih harus menunggu gilirannya. Perusahaan juga berjanji akan segera merilis Marketplace untuk Facebook versi desktop dalam bulan-bulan mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com